Kanal

Begini Cara Haikal Remaja 19 Tahun Bisa Raup Rp 4,1 Miliar dari 4.600 Situs Online

Petugas Bareskrim Polri menggiring tiga remaja pelaku pembobolan situs tiket online Tiket.com, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/3/2017). - TRIBUNNEWS/ABDUL QODIR

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Polisi meringkus pembobol situs jual beli tiket online www.tiket.com, seorang remaja 19 tahun bernama Haikal.

Haikal diburu pihak kepolisian setelah mendapatkan keuntungan hingga Rp 4,1 miliar dari situs yang dibobolnya.

Pihak tiket.com mengalami kerugian sebesar Rp4.124.000.982 karena pelaku meretas, mengambil serta menjual jatah deposito tiket pesawat pada server Citilink Indonesia.

Baca: Piton Batik yang Melegenda, Kita Mesti Waspada Jika Berada di Area Kekuasaannya

Pihak Citilink juga mengalami kerugian sebesar Rp1.973.784.434 karena ada sejumlah orang yang membeli tiket dari sindikat peretas tersebut melakukan pembatalan dan refund.

Bagaimana bisa Haikal meretas situs jual beli tiket itu hingga mengeruk keuntungan?

Kanit III Subdit I Direktorat VI Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi juga mengakui kehebatan Haikal alias SH (19), hacker lulusan SMP yang menjebol tiket.com.

"Dari keterangan tersangka dan hasil penyelidikan, si SH ini seringkali melakukan hacking terutama denan teknik deface, yaitu dengan mengganti tampilan gambar suatu situs dengan gambar-gambar tertentu. SH sejak 2016 saja sudah hacking lebih 1.500 situs," kata Idam, Kamis (30/3/2017).

"Diakui, itu prestasi yang luar biasa, seorang hacker yang hebat. Dari penelusuran kamu, terakhir dia hack situs ojek online," sambungnya.

Baca: Propam Sita Rp 4,784 Miliar Uang Suap Rekrutmen Anggota Polri

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer