Kanal

Hanya Ada Di Pulau Bangka, Ketika Tradisi Ruwah bak Lebaran Dengan Ketupat Lepat dan Silahturahmi

BANGKAPOS.COM,BANGKA--"Besok jangan lupa datang ke Penagan, kami sedekah Ruwah," ajak Hasyim mengingatkan digelarnya tradisi tahunan Ruwah di desa Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka, yang jatuh pada hari Kamis (11/5/2017).

Desa Penagan sendiri merupakan salah satu desa di Pulau Bangka yang hingga saat ini masih mempertahankan tradisi Ruwah menjelang tibanya bulan Ramadhan.

Tradisi Nisfu Sya'ban yang juga dikenal dengan sebutan ruwah atau ruwah kubur di sejumlah wilayah di Pulau Bangka, umumnya diperingati pada hari yang berbeda.

Baca: Paranormal Ki Gendeng Pamungkas Ditangkap Polisi, Inilah Penyebabnya

Ada yang memperingatinya sebelum jatuhnya tanggal 15 Sya'ban, ada yang bertepatan dengan malam dan hari ke 15 Sya'ban, ada pula pasca tanggal 15 Sya'ban.

ketupat dan lepat Bangka (bangkapos.com)

Selain dirayakan berbeda hari, puncak pelaksanaan bulan ruwah ini, masing-masing wilayah juga memiliki bentuk perayaan yang khas pula.

Di Desa Keretak Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah, tradisi Ruwah tahun ini digelar Selasa (9/5/2017) dan berlangsung meriah bak perayaan lebaran Idul Fitri atau Idul Adha.

Ribuan warga dari pelosok Pulau Bangka maupun kota-kota lainnya berdatangan ke desa ini untuk bersilahturahmi dan pintu-pintu rumah warga terbuka lebar menyambut tamu yang datang.

Berbagai makanan, penganan dan lauk pauk khas lebaran seperti ketupat lepat menjadi sajian khas menyambut tamu yang datang.

Baca: Vonis Ahok 2 Tahun, Hakim Dwiarso Didoakan Begini Oleh Netizen

Halaman
1234
Penulis: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Berita Populer