Pramugari Vietjet takkan Berbikini saat Beroperasi di Indonesia

BANGKAPOS.COM-- Maskapai penerbangan asal Vietnam, Vietjet, akan membuka rute penerbangan di Indonesia mulai akhir tahun ini.

Isu masuknya penerbangan ini di Indonesia sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu.

Isu semakin hangat karena para pramugari maskapai itu sempat menggunakan bikini pada sebuah penerbangan.

Vietjet (ist)

Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan saat Vietjet nanti beroperasi di Indonesia, para awak kabin tidak akan menggunakan bikini.

Budi Karya Sumadi mengaku telah melakukan diskusi dan meminta pihak Vietjet menyesuaikan dengan warga Indonesia yang mayoritas memeluk Agama Islam.

"Dipastikan tidak (menggunakan bikini), karena saya sudah sampaikan kita negara mayoritas muslim, saling menghargai, untuk busana yang digunakan adalah busana yang sopan," ungkap Budi Karya Sumadi, usai menghadiri acara peresmian rencana dibukanya penerbangan Vietnam-Jakarta oleh maskapai Vietjet di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Selain itu, penggunaan bikini juga dirasa tidak tepat karena banyaknya anak-anak saat penerbangan.

"Di pesawat juga kan banyak anak-anak. Kan kalau berbikini tidak pantas dan VietJet juga sudah sepakat untuk tidak melakukan itu," ujar Budi Karya Sumadi.

Rencananya, penerbangan Vietjet dengan rute Ho Chi Minh City-Jakarta beroperasi mulai 20 Desember 2017. Saat ini izin beroperasi tengah memasuki tahapan finalisasi.

Perjalanan udara nantinya memakan waktu tempuh selama tiga jam.

Berangkat dari Jakarta pada pukul 01.40 dini hari, pesawat bakal mendarat di HCMC pukul 04.40 pagi hari.

Penerbangan kembali lepas landas dari HCMC pada pukul 20.40 malam, dan tiba di Jakarta pada pukul 23.40 malam. (Apfia Tioconny Billy)