Yuk, Belajar Membuat Minyak Ayam, Rasa dan Aromanya Bikin Lezat Makanan

BANGKAPOS.COM-- Sayang sekali di pasaran belum ada orang yang menjual minyak ayam. Padahal, bahan satu ini super serbaguna.

Rasa dan aromanya yang kaya bisa kita gunakan sebagai bahan membuat mi ayam, tumisan, dan segala macam masakan. 

minyak ayam ()

Melihat kegunaannya yang super banyak, tak ada salahnya kalau kita membuat minyak ayam sendiri di rumah. Dijamin, semua masakan yang ditambahkan miyak ayam akan jadi super menggiurkan, terutama pada aromanya. Yuk, belajar cara membuatnya, 

1. Sisihkan kulit ayam dagingnya. Bersihkan bulu-bulu yang menempel. 

2. Cuci sampai bersih lalu potong-potong kulit ayam. 

3. Siapkan sedikit minyak dalam wajan. Gunakan hanya sedikit saja karena kulit ayam nantinya akan mengelurkan cukup banyak minyak. 

4. Goreng dengan api sedang sampai kulitnya kering dan renyah. 

5. Saring kulitnya dan minyak ayam siap digunakan. 

Cara Menyimpan Minyak Ayam

Minyak ayam sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara atau toples bersih yang tertutup rapat.

minyak ayam ()

Ingat, pastikan kita mendinginkan dulu minyak ayam sebelum menyimpannya dalam botol, ya. Pastikan juga wadah bersih supaya minyak ayam tidak jadi tengik. 

Minyak ayam ini pada dasarnya bisa disimpan untuk jangka waktu lama jika dimasukkan dalam kulkas. Saat akan digunakan, keluarkan dulu dan biarkan minyak kembali meleleh. Agar tidak tengik, gunakan sendok bersih setiap kali mengambil minyak ayam. 

Penggunaan Minyak Ayam

Hanya dengan minyak ayam saja, tumisan sayur polos pun sudah super nikmat. Caranya, gunakan minyak ayam sebagai pengganti minyak goreng di dapur.

Tumis secukupnya bersama bawang putih lalu masukan sayur dan bumbui sesuai selera.

Jadinya, kita tidak perlu lagi menggunakan udang atau daging untuk melezatkan tumis sayur. 

Minyak ayam terutama digunakan untuk membuat mi ayam. Bahan utama mi ayam adalah minyak ayam, kecap asin dan tumisan daging kecap.

Minyak ayam akan membuat mi jadi lebih licin dan beraroma nikmat. Beberapa orang bahkan menggoreng lagi minyak ayamnya dengan bawang putih supaya aromanya makin nikmat. 

mie ayam bangka ()

Kalau sudah punya minyak ayam di rumah, pekerjaan dapur terutama tumis menumis pasti jadi jauh lebih mudah. Jadi, tidak ada salahnya belajar membuat dan menyetok bahan yang bisa melezatkan setiap masakan ini.