Toyota Indonesia Resmi Umumkan Recall Airbag

BANGKAPOS.COM--Tidak hanya menyerang mobil di mancanegara, airbag merek Takata yang bermasalah, juga mengancam keselamatan pengguna mobil di Indonesia.

Salah satunya PT Toyota Astra Motor (TAM) yang secara resmi mengumumkan recall mobil Toyota tertentu, yang menggunakan airbag bermasalah dari Takata.

Masalah yang dapat terjadi adalah, potensi terlontarnya serpihan logam berbahaya saat airbag penumpang depan mengembang.

Deretan mobil Toyota yang wajib melakukan penggantian inflator airbag Takata, ternyata cukup banyak. Berikut adalah daftarnya.

Toyota Corolla, tahun produksi 2001-2012
Toyota Alphard, tahun produksi 2010-2012
Toyota Camry, tahun produksi 2002-2004
Toyota Nav1, tahun produksi 2012
Toyota Vios, tahun produksi 2006-2012
Toyota Yaris, tahun produksi 2006-2012

Tidak semua tipe dari deretan mobil diatas, terkena recall. "Untuk tahu apakah mobil Anda masuk daftar recall atau tidak, cara paling praktis adalah datang langsung ke dealer Toyota di seluruh Indonesia. Semua dealer punya datanya," ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager TAM kepada Auto Bild Indonesia.

Program ini jelas tidak dipungut biaya apapun, dan tidak punya batas akhir periode recall. Mobil Anda masuk daftar recall? Segera kunjungi dealer Toyota terdekat untuk proses penggantian inflator airbag bermasalah tersebut!