Lagi Shalat Idul Adha Honda Brio Terbakar, Padahal Mesin Mati! Benarkah Gara-gara Powerbank?

BANGKAPOS.COM - Pemberitaan tengah dihebohkan dengan adanya sebuah Honda Brio yang terbakar di kawasan pemukiman Grand Wisata, Cibubur pada Jumat (1/9/2017).

Melansir dari Tribunnews.com, kabar ini pada mulanya beredar di jejaring sosial dan waktu terjadinya dikatakan tepat saat sedang dilakukannya salat Idul Adha.

Dalam foto dan video yang beredar, Honda Brio tersebut hangus separuh dan tidak bisa digunakan lagi.

Berikut tim TribunWow.com himpun fakta-fakta terkait terbakarnya Honda Brio yang dalam keadaan mati ini.

Simak selengkapnya di sini!

1. Kronologi kejadian

Melansir dari Tribunnews.com, api yang membakar mobil saatitu sempat dipadamkan oleh warga.

Namun, jika melihat dari kondisi pasca kebakaran serta cuplikan video dari warga, tampaknya api berasal dari seputaran bonnet mobil.

“Sepertinya asal api dari luar, tapi titik api asal harus disediliki dulu,” sebut Usman Adhi, mekanik kawakan yang dihubungi (2/9/2017).

Usman pun sebelumnya telah mengamati sejumlah foto atas kejadian Brio yang terbakar tersebu.

Menurutnya, kalaupun bagian kabin ikut terbakar, Usman yang pernah membawahi semua bengkel resmi Tunas Group ini menyebutkan bahwa hal itu bisa saja terjadi.

Namun hal 'kuncian' yang membuat pembesut Subaru VX ini ragu jika api berasal dari piranti yang ada di dalam kabin, karena mobil tidak dalam kondisi menyala.

Muncul kecurigaan ada powerbank yang masih tersambung dengan lighter sebagai penyebab awal.

Namun Usman tampaknya tidak sependapat, karena kembali ke asumsi awal bahwa mobil dalam kondisi tidak menyala.

Maka dari itu tidak ada juga aliran listrik yang tersalur ke seluruh mobil.

2. Pemilik minta pihak Honda selidiki peristiwa ini

Masih melansir dari Tribunnews.com, Doddy Matin Julfadhli (36) suami dari pemilik mobil ini pun tentunya penasaran dan meminta pihak Honda dan kepolisian untuk menelisik secara dalam peristiwa tersebut.

"Tadi siang saya sudah melaporkan ke pihak polisi dan Honda Grand Mall (Bekasi) tempat saya membeli mobil tersebut. Di situ saya bertemu dengan kepala bengkelnya saya minta untuk menginvestigasi terlebih dahulu. Jikalau memang terjadi adanya kesalahan dari mobilnya saya sih minta ganti rugi saja biar masalahnya cepet selesai," ujar Doddy saat ditemui di kediamannya, Sabtu (2/9/2017).

Ia menjelaskan bahwa pihak Honda akan datang untuk memeriksanya pada Senin (4/9/2017).

"Saya tidak mau menyebut langsung karena apa. Sebab kan kondisi mobil dalam keadaan mati. Karena kalau saya berbohong saya takut akan kembali ke saya lagi, makanya saya open," imbuhnya.

3. Pengakuan dan bantahan pemilik atas penyebab kebakaran

Beredar isu bahwa powerbank yang masih tercolok di lighter mobil kemudian meleleh menjadi penyebab mobil terbakar.

Namun, Doddy mengaku bahwa kejadian tersebut bukan karena powebank.

"Jadi ini adalah mobil istri saya yang biasa di pakai buat harian, tapi yang ngerawat saya. Nah, terakhir dia pakai itu pada hari Kamis pukul 13.00 siang sudah sampai rumah dengan kondisi mobil sudah dimatikan. Hari Jumatnya itu kan kami sekeluarga pergi shalat Idul Adha, nah pada pukul 07.45 kami di telepon Satpam bahwa mobil sudah terbakar di Rumah," kata Doddy di kediamannya, Sabtu (2/9/2017) melansir dari Tribunnews.com

"Setelah saya sampai rumah kondisi pagar rumah saya sudah didobrak oleh tetangga saya, disitu kami setengah mati untuk menarik mobil itu ke tengah (jalan) lantaran api tak kunjung mati," katanya lagi.

Menurutnya, pemberitaan yang beredar selama ini adalah hoax, ia menilai informasi tersebut tidak benar.

"Memang ada berita yang sedikit hoax yang menceritakan bahwa mobil ini terbakar lantaran akibat adanya powerbank. Saat itu saya dikirimkan video oleh warga, jadi pada awal api kondisinya masih besar tiba-tiba dibilang ada powerbank, nah pertanyaan saya dia lihat powerbank dari mana?," katanya.

"Logikanya dia buka pintu itu kan enggak mungkin. Posisi api juga masih menyala, mana mungkin dia sempatkan diri untuk ngintip adanya power bank, saya saja tidak punya power bank dan tidak bisa memastikan ini terjadi karena apa, soalnya saya tidak menyebar berita apapun," sambungnya dengan tegas.

Melansir dari Otomotifnet, Doddy juga menyayangkan sikap Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bekasi yang langsung mengklaim bahwa api tersebut datang dari sebuah powerbank.

"Saya sempat baca di salah satu media bahwa pihak Damkar membenarkan mobil itu terbakar karena power bank meleleh. Gimana mereka bisa tahu, orang saksi mata saja melihat petugas Damkar itu semprotkan air dari luar pagar. Nah lantas bagaimana mereka bisa meyimpulkan adanya power bank coba," imbuhnya lagi.

4. Saking penasarannya, Doddy sampai curhat ke komunitas

Kembali melansir dari Otomotifnet, saking penasarannya, Doddy pun mencari pencerahan penyebab insiden kebakaran tersebut.

"Kemarin memang saya share di grup facebook Brio untuk menanyakan masalah apa saja yang sering dialami oleh para anggotanya. Mereka bilang Brio itu sering sekali kabelnya digigit tikus lantaran kabelnya wangi," ujar Doddy saat ditemui di Bekasi, Sabtu (2/9/2017).

Selain mendapatkan fakta tersebut, Doddy juga mendapatkan dugaan informasi dari komunitas yang menyebut mobil miliknya bisa saja terbakar akibat sistem audio.

"Ada yang bilang dari audionya mungkin. So far saya sudah 5-6 kali ganti pasang audio aman. Saya juga punya Honda HR-V yang sudah hampir dua tahun tidak apa-apa, tapi malah Brio yang baru 9 bulan ada masalah. Tapi ini tidak jadi patokan bagi saya," katanya lagi.

5. Ada yang mengatakan AC Outdoor rumah Doddy menjadi penyebabnya

Kembali melansir dari Otomotifnet, tak hanya powerbank, ada juga yang berspekulasi bahwa mobil itu terbakar akibat adanya korsleting Outdoor AC rumah.

Namun, kembali Doddy membantah spekulasi tersebut.

"Bukan mas, memang ada yang bilang seperti itu sama. Tapi saya tegaskan sekali lagi itu enggak benar, soalnya Outdoor AC berada di lantai dua," kata Doddy Matin Julfadhli (36) saat ditemui di Kediamanya, Sabtu (2/9/2017).

Hingga kini, pemilik masih mencari penyebab timbulnya api yang membuat Honda Brio milik istrinya tersebut terbakar. (TribunWow.com/Natalia Bulan Retno Palupi)