Kanal

DPRD Bangka Minta PDAM Lebih Menekankan Pelayanan Jangan Hanya Cari Keuntungan

Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyerahkan empat raperda menjadi perda kepada pimpinan DPRD Kabupaten Bangka, Senin (11/9/2017) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka. - bangkapos.com/Nurhayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- DPRD Kabupaten Bangka meminta kepada pihak PDAM Tirta Bangka agar dalam mengelola PDAM lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat daripada upaya mencari keuntungan (profit oriented).

Baca: Raperda Penyertaan Modal Jadi Pedoman Pelaksanaan Investasi

Baca: DPRD Bangka Sahkan Empat Raperda

Permintaan ini disampaikan, Ketua Pansus VIII Mendra Kurniawan ketika menyampaikan pandangan akhir pansus VIII atas perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Bangka nomor 13 tahun 2006 tentang pernyataan modal daerah pendirian pengelolaan dan organ PDAM Tirta Bangka, Senin (11/9/2017) di RuangParipurna DPRD Kabupaten Bangka.

Menurutnya pembahasan ini dibahas dalam rangka pelaksanaan ketentuan UU Nomor 23 tahun 2013 tentang pemerintah daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan UU Nomor 9 tahun 2015 serta dengan meningkatkan pelayanan PDAM kepada masyarakat

Mendra mengatakan, untuk dewan pengawas PDAM berasal dari unsur pejabat pemda profesional dan atau masyarakat konsumen sesuai dengan kebutuhan.

"Untuk pegawai PDAM Tirta Bangka maupun mantan direksi yang telah memasuki masa pensiun dapat diaktifkan kembali menjadi pegawai namun hal ini harus benar-benar memperhatikan efektivitas dan kinerja," tegas Mendra.

Dikatakannya, mantan direksi yang berasal dari pegawai PDAM Tirta Bangka setelah menjabat direksi dapat diberikan kedudukan setingkat dibawah direksi atau ditunjuk sebagai satuan pengawas intern.

Dia juga mengingatkan, laba PDAM digunakan untuk keperluan investasi kembali atau reinvestment. Namun apabila pelayanan sudah mencapai 80 persen dari jumlah penduduk dalam wilayah administrasi daerah dan dinyatakan sehat wajib melakukan setoran ke kas daerah.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer