MTB Cross Country Promosikan Pariwisata Bateng

KOBA, BANGKA POS - Kejuaraan Mountain Bike (MTB) Cross Country Race 2017 yang terselenggara di Bangka Tengah berlangsung sukses, Minggu (17/9).

Meskipun diguyur hujan namun tidak menyurutkan sema­ngat para peserta untuk tetap mengikuti perlombaan yang diselenggarakan di Kolong Biru Bike Park yang terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba.

Bupati Bangka Tengah, Ir H Ibnu Saleh mengatakan Kabupaten Bangka Tengah saat ini sedang giat-giatnya mempromosikan potensi da­erah dan pariwisata.

Beberapa di antaranya melalui pe­nyelenggaraan Sport Tourism di antaranya Grass Track, Bridge, Sepak Takraw, Marathon, Adventure Off Road, Mountain Bike tanggal 17 September 2017 dan terakhir Panjat Tebing tanggal 25-27 September 2017.

“Sport Tourism selain menghadirkan pertandingan juga menyuguhkan atraksi dan hiburan yang menarik baik bagi peserta kompetisi maupun bagi penonton,” papar Ibnu.

Selanjutnya Ibnu berharap event ini agar tetap terselenggara di tahun yang akan datang dengan menghadirkan peserta yang lebih banyak lagi. Pemerintah daerah juga akan terus berupaya melibatkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan melalui UMKM.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Zaidi SIP mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya Kejuaraan MTB Cross Country Race 2017 walaupun sempat diguyur hujan namun semangat para rider untuk menjadi yang terbaik tidak berkurang.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemkab Bateng yang sudah memberikan duku­ngan atas terselenggaranya event nasional ini. Semoga tahun mendatang kejuaraan ini tetap terselenggara de­ngan baik dan lebih menarik lagi,” ungkapnya.

Ia menambahkan MTB Cross Country Race 2017 di­ikuti perserta dari Bandung, Magetan, Surabaya, Palembang, Muara Enim, Jakarta, Kalimantan dan dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Zaidi menyebutkan pihaknya akan melakukan perbaikan lagi untuk lintasan dan pemandangan di Kolong Biru.

“Kalau memungkinkan kita perbaiki lagi, prasarana pendukung lainnya seperti tempat yang ingin kita lebih baik lagi, ada event pemeran juga, karena kesejahtraan masyarakat juga dapat meningkat seperti UMKM,” katanya.

Ketua ISSI Babel, Ferdiyan Hermawan Lubis me­ngatakan kegiatan MTB Cross Cuntry Race 2017 di Bangka Tengah dinilai sangat positif. Bahkan ia berani menyebutkan event nasional dapat terus dilakukan di Kolong Biru.

“Efeknya dari ISSI dapat mendapatkan bibit atlet. ISSI berdiri baru 1,5 tahun, ajang cari atlet untu bawa keluar, biar semangat dan sehat. Positif sekali banyak yang support, karena kalau jadi bulan depan di Belitung, November di Pangkalpinang di Jembatan 12, biar mereka semangat karena selama ini Babel belum pernah ngirim atlet,” katanya. (adv/gio/may)