Bankir Bank Permata Jabat Direktur Utama Muamalat

BANGKAPOS.COM-- Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang berlangsung di Hotel Pullman, Rabu (20/9), memilih Achmad Kusna Permana, Direktur Syariah Banking di Bank Permata sebagai direktur utama yang baru.

Endy Abdurrahman yang sebelumnya sempat diisukan mengundurkan diri, akhirnya benar-benar hengkang dari kursi direktur utama Bank Muamalat.

Namun sambil menunggu proses pengangkatan Direktur Utama yang baru, selesai, Bank Muamalat untuk sementara waktu menunjuk Purnomo B. Soetadi, Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat, sebagai acting atawa pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama.

"Pak Purnomo Soetadi untuk sementara waktu menjadi actingdirektur utama, sampai bapak Achmad Kusna Permana bener-benar sudah berpisah dari Bank Permata," ucap Iggi Haruman Achsien, Komisaris Bank Muamalat, kepada KONTAN, Rabu.

Berikut ini adalah profil Achmad Kusna Permana yang diunggah di laman Bank Muamalat Indonesia.

Achmad Kusna Permana yang kini berusia 52 tahun, memperoleh gelar sarjana di bidang pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB). Dia pernah menempati posisi strategis di Bank Bali Indonesia sejak tahun 1993 hingga tahun 2000, dengan posisi terakhirnya sebagai chief general manager area Bali.

Selanjutnya, Permana melanjutkan kiprahnya di industri jasa keuangan multinasional yakni sebagai vice president di The Hongkong and Shanghai Bank Corporation (HSBC) dari April 2000–Desember 2005 dan memimpin berbagai lini bisnis seperti VP Jakarta area (2000-2001), VP produk (2001-2002) dan VP kartu dan produk aset (2002-2005).

Mengawali tahun 2006, Permana didelegasikan dan dipercaya untuk memberikan kontribusi di HSBC Salinas-Monterey di California.

Saat kembali ke Indonesia pada April 2006, dia menjabat sebagai head of amanah retail bankingHSBC sampai dengan Juli 2006.

Sejak bergabung dengan Bank Danamon Indonesia pada tahun 2006, dia pernah menduduki posisi senior sebagai head of syariah business. Hingga kemudian dia akhirnya berlabuh ke Bank Permata.