Golongan Darah Tentukan Resiko Terjadinya Penyakit, Ini Faktanya

BANGKAPOS.COM -- Tahukah Anda bahwa golongan darah seseorang ternyata juga turut berperan dalam meningkatkan atau menurunkan resiko terjadinya serangan jantung?

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang bergolongan darah A, B, atau AB memiliki resiko menderita penyakit jantung yang lebih tinggi dan memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan dengan orang yang bergolongan darah O.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 50.000 orang paruh baya dan orang lanjut usia di negara Iran selama sekitar 7 tahun.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa orang yang tidak bergolongan darah O memiliki resiko kematian karena penyebab apapun yang lebih tinggi (9% lebih tinggi) dan lebih sering meninggal karena penyakit jantung dan pembuluh darah (15% lebih tinggi) dibandingkan dengan orang yang bergolongan darah O.

Walaupun demikian, para peneliti mengatakan bahwa bukan berarti orang bergolongan darah selain O pasti mengalami penyakit jantung atau meninggal lebih cepat.

Hal ini dikarenakan terjadinya penyakit jantung dan seberapa lama umur seseorang juga dipengaruhi oleh banyak hal lainnya, termasuk seberapa sering seseorang berolahraga dan bagaimana keadaan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan.