Rutin Olahraga Ini Bikin Tubuh Tetap Fit Sampai Tua

BANGKAPOS.COM - Olahraga tak sebatas menjadi anggota gym atau berlari berkilo-kilometer.

Melakukan olahraga permainan, seperti tenis meja, bulu tangkis, futsal, bahkan billiar dapat memberikan manfaat sehat dari segi fisik maupun mental, khususnya bagi para pria.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open, orang yang melakukan olahraga permainan lebih cenderung tetap sehat dan bugar seiring bertambahnya usia, dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas fisik lainnya.

Jadi, menemukan olahraga yang Anda cintai secepat mungkin--dan rutin melakukannya--dinilai peneliti dapat menjadi langkah untuk tetap berenergi hingga usia 70an.

Menurut peneliti, peralihan usia dewasa muda ke usia yang lebih tua seringkali ditandai dengan perlambatan kemampuan fisik.

Namun menjadi sosok yang tetap aktif sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, bahkan kemampuan untuk hidup mandiri, seiring bertambahnya usia.

Daniel Aggio, seorang mahasiswa doktoral di University College London, dan rekan-rekannya telah menganalisis data dari hampir 3.500 pria, yang dikumpulkan selama 20 tahun, dan menemukan bahwa pria yang secara fisik aktif di usia 40 dan 50 tahun, hampir tiga kali lebih mungkin untuk aktif dalam dekade kemudian, dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak duduk.

Sekitar 50 persen pria paruh baya yang terlihat masih bugar, sehat, dan aktif ditemukan rutin melakukan olahraga permainan atau melakukan olahraga formal lainnya setidaknya sesekali, dan kondisi ini relatif stabil selama studi 20 tahun.

Baca: Sudah Beristri tapi Masih Doyan Onani, Normalkah?

Berjalan menjadi pilihan aktivitas terbanyak pria dari waktu ke waktu.

Persentase pria yang melaporkan rutin berjalan benar-benar meningkat selama penelitian, dari 27 persen menjadi 62 persen.

Hanya saja, untuk benar-benar mendapatkan manfaat sehat secara fisik dan mental, pria dinilai membutuhkan aktivitas lebih dari sekadar berjalan kaki atau aktivitas rekreasi lainnya seperti berkebun.

Temuan mendapati, semakin lama pria terlibat dalam olahraga permainan, maka semakin besar pula kemungkinan mereka bertahan dalam hidup yang bugar dan sehat.

Mereka yang telah melakukannya selama 25 tahun atau lebih hampir lima kali lebih mungkin untuk tetap aktif secara fisik dalam dua dekade kemudian.

"Bermain olahraga, terutama sejak usia muda, dapat membantu mengembangkan dan mempertahankan keterampilan dan fungsi fisik yang diperlukan untuk mempertahankan gaya hidup aktif sampai usia lanjut, termasuk kesehatan mental yang lebih baik," papar Aggio.

Meskipun penelitian ini hanya dilakukan pada pria, Aggio menduga bahwa temuan ini juga berlaku untuk wanita.

Ia merekomendasikan Anda maupun pasangan untuk menemukan hobi yang lebih atletis.

"Melakukan olahraga permainan yang menyenangkan bagi Anda, walaupun baru dilakukan pada usia paruh baya, dapat meningkatkan kemungkinan menjadi tetap aktif di usia yang lebih tua," katanya. (KOMPAS.com/Ayunda Pininta)

Berita ini sebelumnya telah dipublikasikan oleh KOMPAS.com dengan judul Olahraga Permainan Bikin Pria Tetap Fit Sampai Tua