8 Tipe Kecerdasan, Anak Anda Masuk Tipe yang Mana?

BANGKAPOS.COM - “Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it is stupid”.

Kata-kata Albert Einstein tentu ada benarnya. Setiap orang diciptakan dengan kemampuan dan keunikan yang berbeda-beda.

Kita tidak bisa menilai seseorang berdasar kemampuan orang lain. Setiap orang tidak dapat diseragamkan dalam menjalani kehidupan.

Namun, kekeliruan tentang menilai orang lain berdasar standar tertentu telah mendarah daging. Anak si A pintar matematika, maka anak si B juga harus sama.

Baca: Warna Lidah Anda Pink Berarti Sehat, Jika Berwarna Seperti Ini Segeralah ke Dokter!

Sebuah teori yang diperkenalkan Howard Gardner mungkin akan membantu kita lebih mengenal diri sendiri.

Tidak perlu lagi merasa menjadi orang yang paling gagal hanya karena tidak sesuai dengan standar yang dibuat orang lain.

Multiple intelligent dikenal dengan 8 kecerdasan yang dimiliki manusia.

Dengan mengolaborasikan beberapa kecerdasan yang dominan, seseorang memiliki kejeniusan dengan caranya sendiri.

Baca: Indahnya Penampakan Awan UFO, Trenyata Begini Cara Terbentuknya

Kenali diri Anda, mungkin selama ini kecerdasan Anda tersembunyi karena tak pernah mendapat kesempatan untuk berkembang.

1. Linguistic intelligence

Kecerdasan linguistik atau kemahiran berkata-kata secara verbal. Misalnya seperti mudah bagi Anda menirukan dialek sebuah daerah, atau merangkai kata-kata.

2. Musical

Bagi Anda, musik menjadi bagian penting dalam keseharian. Anda mahir memainkan alat musik hingga menciptakan nada-nada yang menjadi lagu.

3. Kinesthetic

Orang yang memiliki kecerdasan kinestetik umumnya mahir melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, menari, hingga membuat ketrampilan tangan. Anda memiliki kemampuan mengontrol gerakan tubuh dan tanggap terhadap keseimbangan tubuh.

4. Nature

Bagi Anda yang memiliki perhatian khusus dengan kondisi alam sekitar, bisa jadi naturalistic adalah tipe kecerdasan Anda.

Lingkungan alam terasa dekat dan Anda dapat mengenali dengan cepat flora dan fauna yang Anda temukan.

5. Spatial

Kecerdasan satu ini terlihat bagaimana Anda menganalisis sebuah objek dengan kemampuan visual.

Kecerdasan spasial membuat pemiliknya seolah memiki mata batin. Anda akan mampu membayangkan sebuah dekorasi pesta hanya dengan melihat sebuah ruang kosong.

6. Interpersonal

Kecerdasan ini berkaitan dengan berelasi dengan orang lain.

Anda akan sensitif dengan suasana hati orang lain, perasaan,temperamen, motivasi, hingga kesediaan orang lain jika berkontribusi dalam sebuah grup.

7. Intrapersonal

Kemampuan intrapersonal erat kaitannya dengan renungan pribadi.

Seorang yang memiliki kecerdasan intrapersonal cenderung memiliki waktu dengan diri sendiri untuk mengintrospeksi diri. Mereka memahami diri, mengetahui kelemahan dan kekuatan, juga mengenal keunikan diri sendiri atau orang lain.

8. Logical

Kecerdasan logika berkaitan dengan matematika. Kemampuan Anda untuk mengerti angka, pikiran kritis, sesuatu yang abstrak, juga penalaran.

Kecerdasan ini juga terkait erat dengan kecerdasan umum dan pemahaman prinsip-prinsip dasar dari beberapa jenis sistem kausal.

Kecerdasan masing-masing orang berbeda terlebih kadar kecerdasan dominannya. Maka tak patut kita menilai seseorang berdasar kemampuan yang kita miliki.

Temukan kecerdasan Anda yang mungkin terpendam jauh, dan kembangkanlah selama ada kesempatan. Mungkin Anda akan membuahkan karya yang luar biasa dengan keunikan Anda!

(Intisari-Online/Natalia Mandiriani)