Mangkuk 1.000 Tahun dari Dinasti Song Laku Terjual Rp510 Miliar

BANGKAPOS.COM -- Sebuah mangkuk berusia seribu tahun asal Dinasti Song, China, telah terjual senilai US$37,7 juta atau setara dengan Rp510,4 miliar di balai lelang Sotheby's Hong Kong. Penjualan ini sekaligus memecahkan rekor lelang keramik China.

Benda yang hanya seukuran genggaman tangan itu diketahui berasal dari 960 - 1127 Masehi dan berhasil merebut rekor penjualan keramik China termahal sebelumnya yang dimiliki oleh gelas keramik wine dari era Dinasti Ming seharga US$36,05 juta pada 2014 lalu.

Meski sudah terjual, namun pembeli mangkuk dari Dinasti Song itu masih belum diketahui identitasnya. Pihak balai lelang Sotheby's pun enggan memberi tahu asal pembeli tersebut.

"Ini jelas tonggak baru bagi keramik China, dan kami telah membuat sejarah dengan benda ini," kata Nicolas Chow, wakil kepala balai lelang Sotheby's Asia, seperti diberitakan AFP.

Mangkuk itu dilelang dengan harga awal sebesar US$10,2 juta. Pelelangan sempat berlangsung sengit selama 20 menit antara seorang pembeli yang hadir di ruang pelelangan dan seorang lainnya melalui telepon.

Lelang dimenangkan oleh pembeli melalui telepon dan disambut tepuk tangan dari pengunjung pelelangan.

Mangkuk yang didesain untuk mencuci kuas tersebut merupakan contoh dari keramik China yang amat langka dari kekaisaran Dinasti Song Utara.

Sotheby's juga menyebut mangkuk berdiameter 13 centimeter dan memiliki lapisan biru mengkilap itu merupakan satu dari empat unit yang dimiliki secara pribadi di dunia.

Sejumlah Dinasti di China terkenal akan keindahan keramiknya dan era Song sering dianggap menghasilkan beberapa keramik paling baik di kawasan tersebut.

Keramik Song kerap dikenal dengan kehalusan bentuknya, kesederhanaan desain, dan kecantikan yang berkilau serta telah lama dikenal sebagai barang paling dicari kolektor. (end)