Nelayan Kelapa Kampit Minta Gubernur Erzaldi Cek Langsung ke Pering

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Junaidi (54), perwakilan nelayan Kecamatan Kelapa Kampit meminta Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan untuk mengecek langsung keberadaan kapal isap di laut Pering.

Nelayan, kata dia, juga memiliki bukti foto dan video bahwa kapal tersebut beroperasi.

Dia mengatakan, nelayan akan mengambil tindakan jika. tak ada gerakan pemerintah untuk menyelesaikan polemik kapal isap di laut Pering yang dinilai meresahkan kelompok nelayan. Ini ia sampaikan usai menghadiri RDP kapal isap di laut Pering bersama Pemkab dan DPRD Beltim, Selasa (3/10/2017) sore tadi.

Pihaknya kecewa dan tak puas dengan hasil RDP tadi sore.

"Gubernur itu cek langsung ke lapangan, lihat kondisi laut seperti itu. Kami sudah ke DPRD, kami sudah ke Bupati, jawabannya seperti itu, berbelit-belit,"kata dia didampingi sejumlah rekannya.

Catatan Pos Belitung, polemik keberadaan kapal isap di laut Pering terus berkepanjangan. Keberadaan kapal ini di laut Pering bahkan telah membuat polemik sejak satu tahun belakangan.

Sempat ada aksi ribuan warga sampai Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem)dan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza ikut turun bersama warga mendatangi kapal isap tersebut.

Yuslih Ihza juga pernah membuat surat yang meminta agar kapal 'lari' dari laut Pering. Kapal memang hengkang dari laut Pering, tapi hanya berpindah ke perairan Manggar sementara dengan alasan berteduh.

Belakangan, kapal dikabarkan kembali lagi ke laut Pering dan kembali diributkan oleh nelayan. (*)