Wonderful Sail Indonesia 2017: 45 Yacht Singgah ke Objek Wisata Babel

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Mr Allan yang datang bersama istrinya pada moment Wonderful Sail Indonesia 2017 mengungkapkan kekagumannya terhadap Indonesia.

Ia bahkan tidak bisa berkata-kata untuk mengungkapkan keindahan Indonesia.

"Hampir dua bulan lebih berlayar tidak tahu bagaimana gambaran Indonesia setelah berlayar tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata indahnya negeri ini, ramah tamahnya masyarakat Indonesia dan sopan santunnya," puji Allan dalam Bahasa Inggris yang diterjemahkan oleh Koordinator Wonderful Sail Indonesia 2017 Raymond saat press conference Explore Your Exprience to Paradise Island Welcome To Parai Beach Resort pada event Wonderful Sail Indonesia 2017, Senin (2/10/2017) di Ruang Meeting Parai Beach Resort and Spa Sungailiat.

Apa yang diungkapkan Allan yacter yang ikut Wonderful Sail Indonesia 2017 ini, menurut Raymond menjadi kekuatan yang harus akomodir oleh stakeholder terkait termasuk kesiapan pemerintah daerah dan dunia usaha.

Event ini akan berlangsung pada tanggal 2 hingga 5 Oktober 2017 dimana ada sebanyak 45 kapal layar dari berbagai negara yang akan singgah ke Parai Beach Resort and Spa Sungailiat.

"Secara garis besar kita mengundang kapal layar jalur untuk mereka melintas salah satunya di Belitung dan Bangka. Untuk di Belitung sejak tahun 2007 dan di Bangka ini tahun kedua. Reli layar ini perlu diatur dalan peraturan perundangan dan regulasi serta kesiapan infrastruktur. Kita sebagai EO bersyukur kegiatan ini ditanggapi oleh pemda dalam hal ini wakil gubernur dan wakil bupati," jelas Raymond.

Menurut Wakil Gubernur Babel H Abdul Fatah Wonderful Sail Indonesia ini diinisiasi dua kementerian yakni pariwisata dan kelautan. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2.000 lalu. Di Babel yacter berkunjung ke Belitung di Tanjung Kelayang sejak tahun 2007.

"Babel masuk agenda nasional sejak tahun 2011 saat Sail Wakatobi Belitung. Kegiatan ini sudah menjadi bagian Wonderful Sail Indonesia. Ini tahap awal masuknya tataran sail internasional sejak 2007 sampai 2011," jelas Fatah.

Oleh karena itu kehadiran pada yacter ini perlu dikemas dengan baik dimana Babel negeri yang kaya dengan pariwisata alamnya yang eksotik dan penuh dengan budaya daerah.

"Kita sudah melakukan penataan menyambut tamu dengan budaya yang akan ditampilkan seperti yang disampaikan Pak Raymond berhasilnya Wonderful Sail Indonesia ini tergantung kesiapan SDM dalam melayani tamu. Apalagi kita sudah mendapat predikat nasional dimana Babel masuk dalam 10 destinasi nasional. Untuk itu pimpinan daerah harus berbenah diri agar bisa memberikan pelayanan terbaik," harap Fatah.

Secara nasional hadir yacter ini akan memberikan peluang yang baik sehingga 20 juta wisatawan akan hadir di Babel pada tahun 2019.

"Di Belitung ada 45 yachter setengahnya bisa mengalir ke Kabupaten Bangka," kata Fatah.

Menurut Wakil Bupati Bangka Rustamsyah dengan adanya kegiatan ini akan memberikan warna berbeda dimana secara matematik tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangka bisa meningkat.

"Dengan kedatangan yacter ini bisa meningkatkan kunjungan pariwisata dari Belitung ke Bangka. Kita bersyukur di Bangka ini jualan kita wisata bahari. Tetapi juga ada wisata religi bagaimana kerukunan umat beragama dan stabilitas keamanannya," ungkap Rustamsyah.

Diakuinya memang investasi di bidang pariwisata butuh proses tidak bisa satu atau dua tahun tetapi minimal 10 tahun. Untuk itu pengembangan pariwisata secara general bisa diperbanyak sehingga tingkat hunian hotel bisa meningkat dan berdampak ke multi player efect.

Dia juga menyarankan agar para yachter bisa ikut menikmati wisata mutik sahang yang bisa dikemas untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Bangka.

Disampaikan Manager Istana Pool Villas and Spa Parai Rina Trisella, selain Wonderful Sail Indonesia 2017, pada tanggal 7 Oktober akan hadir kapal pesiar dari Singgapura yang membawa 100 penumpang dan tanggal 26 Oktober kapal pesiar Star Clippers yang membawa 150 penumpang akan singgah ke Parai Beach Resort and Spa.

Menurut Marketing Manager Parai Beach Resort Sri Hartini untuk  mevent Wonderful Sail Indonesia 2017 ini, pihaknya sudah menyiapkan agenda yabg disupport Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Beliting dan Pemkab Bangka.

Kedatangan para yacter sekarang ini baru dua kapal yang tiba dimana nanti yang lain akan menyusul. "Kita mengenalkan tempat-tempat pariwisata di Bangka," ungkap Sri.

Para yacter ini akan diajak city tour ke Tongaci untuk pelepasan penyu, Tirta Tapta dimana ada paket dulang yang menjadi ciri khas Bangka, dilanjutkan ke Puri Tri Agung, Pantai Tikus Mas dan kemudian ke Pantai Tanjung Pesona.

Setelah city tour ada dinner barbaque on the beach. Mereka juga bisa ke pasar tradisional bekerjasama dengan Bella Wisata yang buka paket tour. Kemudian ke Pemprov Babel.

"Semoga mengesankan dan menyenangkan. Mereka berkesan dan mengapload foto-foto mereka ke sosmednya. Waktunya sangat singkat. Pagi para yacter datang jam 09.00 WIB pagi. Kemudian ada presentasi tempat-tempat pariwisata di Bangka. Kedatangan mereka akan disambut tarian khas Bangka. Pada tanggal 2 sampai 5 Oktober bagi masyarakat yang ingin melihat Wonderful Sail cukup bayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dimana hari biasa Rp 25.000 per orang. Kami juga akan mengajak anak-anak SD di Matras ini untuk menyambut para yacter," kata Sri.

Press conference ini juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Babel M Rivai, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bangka H Asep Setiawan, Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bangka Indrata, Perwakilan Imigrasi, Kepabeaan, Syahbandar Pangkalbalam, Manajer Parai Beach Resort Sungailiat Martin, Manajer Marketing Tanjung Pesona Indah, Perwakilan Tongaci serta undangan lainnya.