Dapat Bantuan Kacamata, Canu Kini Dapat Melihat Lebih Jelas

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pekerja sosial masyarakat (PSM) Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah (Bateng) membagikan kacamata gratis untuk para lanjut usia (lansia) di desa ini, Rabu (4/10/2017).

Petugas PSM mendatangi salah satu rumah didesa ini. Dirumah semi permanen ini tinggal lansia, Canu, Warga Desa perlang tersebut merupakan penerima bantuan kacamata gratis dari PSM.

Raut wajah haru begitu nampak dari wajah wanita paruhbaya ini. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya kacamata tersebut.

Pasalnya, selama ini ia cukup kesulitan melihat, dengan kondisi mata yang rabun membuatnya susah beraktivitas dan mengenali seseorang.

"Saya sangat bersyukur dapat kacamata, penglihatan lebih jelas dari sebelumnya, biasanya kalau tidak pakai kacamata agak susah karena sudah buram penglihatan saya," ujarnya.

Menurut Canu, PSM sangat berperan aktif membantu masyarakat yang sedang kesulitan.

Tak hanya Kacamatan, menurutnya masyarakat yang mengalami kesulitan banyak mendapatkan bantuan.

"Kami masyarakat berterima kasih dengan PSM, pak bupati dan dinsos karena telah membantu masyarakat, ada yang dapat tongkat, kursor roda, ini sangat membantu sekali untuk kami pada lansia," katanya.

Pengurus PSM Perlang, Yani Basaroni mengatakan pemberian kacamata kepada para lanjut usia yang berumur diatas 55 tahun.

Pemberian ini pun katanya berdasarkan pengajuan sebelumnya kepada Bupati Bateng, Ibnu Saleh.

Menurut Roni, PSM merupakan perpanjangtanganan Bupati Bateng yang dikoordinir Dinsospmd. Ia menyebutkan lansia memang harus diperhatikan.

"Kacamata itu diberikan berdasarkan pengusulan kepada pak bupati untuk para lansia menderia rabun pada matanya. Semua hal yang bersifat kesosialan setiap desa kami akomodir, termasuk lansia yang butuh alat bantu seperti tongkat bagi mereka yang pincang atau strok, dan kursi roda bagi mereka yang benar tidak bisa berdiri hanya bisa duduk, hal tersebut sudah kami lakukan di desa perlang pada tahun 2017 ini," ujarnya.

Pemberian Kacamatan ini menurut Roni berawal dari rasa keprihatinan kepada para lansia. Ia prihatin ternyata selama ini, para lansia aspirasinya tidak terakomodir secara merata.

Mulai tahun 2016 kemarin, PSM bekerja sama dengan 25 ketua rukun tetangga dan empat kepala dusun se desa perlang untuk memberikan bantuan tersebut telah dilakukan.

"Mudah mudahan bermanfaat. Terutama bagi lansia yang mengidap mata rabun, adanya kacamata membuat ia bisa melihat jelas indahnya dunia" ungkap Roni.(*)