Puluhan TI Apung Bubus-Pesaren di Usir Nelayan

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Puluhan ponton tambang inkonvensional (TI) apung yang beroperasi antara perairan Bubus-Pesaren Belinyu, dalam empat atau lima hari terakhir ini, terus diusir oleh nelayan dan warga Pesaren.

Pengusiran TI apung tersebut mendapatkan pengamanan dari Personil Pangkalan Sandar Kapal Patroli Ditpolairud Polda Babel di Belinyu dan Lembaga Kelautan Perikanan Indonesia (LKPI) Bangka.

Kadus Pesaren Asen mengungkapkan, pengusiran ponton-ponton TI apung yang hari pertama dilakukan Sabtu (30/9) lalu.

"Ada 20 an unit ponton yang diusir ke arah Perairan Bubus. Mereka diusir karena beroperasi di daerah tangkapan nelayan di perairan perbatasan antara Pesaren dan Bubus," ungkap Asen kepada bangkapos.com Rabu (4/9).

Dikatakan Asen, pengusiran terhadap ponton TI apung kembali dilakukan, Rabu (4/10). Ada tiga unit ponton TI apung yang sudah diusir hari Sabtu lalu, kembali lagi ke perairan perbatasan antara Pesaren-Bubus.

"Mereka sudah diusir dihari Sabtu kemarin, ternyata ada tiga unit lagi dari Bubus nekad kembali ke perbatasan itu, akhirnya kami dari nelayan bersama Polair turun untuk mengusirnya," jelas Asen.(*)