DPP PAN Resmi Tetapkan Tiga Nama Cawako dan Cabup Untuk Babel, Ini Nama-namanya

Laporan Wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Partai Amanat Nasional (PAN) terbilang paling cepat menetapkan calon walikota dan calon bupati yang diusung partai tersebut untuk Pemilukada tiga kabupaten dan kota se Babel tahun 2018.

Sejak pertengahan bulan September lalu, DPP PAN ternyata sudah menetapkan tiga nama calon walikota dan calon bupati.

Tiga nama calon yang ditetapkan DPP PAN tersebut masing-masing untuk Kota Pangkalpinang Ir Endang Kusumawati,  Kabupaten Bangka Dr Ir HK Danial MM,  dan Kabupaten Belitung Ir Azwardy Azhar SE, Msi atau akrab disapa dengan panggilan Datuk Away.

"Mengapa PAN menetapkan calon lebih awal, ini karena kita memberikan kesempatan kepada calon yang diusung untuk segera turun kelapangan, berfikir strategis, mencari wakil. Pengalaman saya sendiri kalau penetapan sudah mendekati Pilkada kita akan ketinggalan waktu untuk sosialisasi kita sendiri, program dan lainnya," ungkap Ketua DPW PAN Babel Patrianusa Sjahrun, Kamis (5/10/2017).

Ia menjelaskan untuk calon yang diusung PAN  tersebut pihaknya memang mengutamakan putra daerah masing-masing seperti Ir Endang Kusumawati kelahiran Pangkalpinang, Azwardi Azhar yang kebetulan adik kandung mantan Ketua KPK Antasri Azhar kelahiran Tanjungpandan, dan Kemas Danial kelahiran Bangka.

"Untuk calon wakil kita serahkan kepada masing-masing calon dengan catatan tetap berkoordinasi dengan partai pengusung," ujarnya.

Menurut Patrianusa, Sebelum penetapan tiga calon tersebut prosesnya dari rekomendasi dari masing-masing DPD, lalu pihak DPD  menyampaikan ke DPW PAN Babel.

Dari DPW nama-nama calon dibawa ke DPP bersama calon yang bersangkutan untuk memaparkan program, visi misi langsung di DPP PAN.

"Yang jelas calon yang kita usung adalah calon yang benar-benar pro rakyat. Dengan telah ditetapkannya calon ini para calon diharapkan segera menetapkan wakilnya dan segera turun ke lapangan mensosialisasikan diri dan programnya," jelasnya.

Terhadap tiga calon walikota dan calon bupati yang diusung PAN, Ketum  Zulkifli Hasan dan sekjen DPP PAN sudah komit untuk membantu dan turun langsung saat deklarasi maupun kampanye.

"Calon yang kita tetapkan merupakan putra putri terbaik dan semua kader PAN harus mendukung dari tingkat RT, kelurahan hingga kecamatan untuk memenangkan calon kita," imbuhnya.(*)