Ini Dia Sosok Asli James Bond di Dunia Nyata, Kisah Hidupnya Tak Kalah Seru Dari Filmnya

BANGKAPOS.COM--Tampan, jago berantem, punya skill mumpuni karena pantai dalam segala bidang olahraga, jago berantem, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata, memiliki kekuatan fisik di atas manusia normal.

Begitulah gambaran sosok seorang agen paling sohor dan dianggap nomor satu di unia James Bond.

Karakter yang selalu digemari banyak wanita dalam setiap aksi film, dan dalam menjalankan pekerjaannya ini, karena selalu melibatkan wanita cantik, dia sempurna, tidak pernah salah dan sangat jago dalam penyamaran.

Namun siapa sangka karakter asli yang tokoh fiksi sang agen rahasia ini, ternyata diadaptasi oleh Ian Fleming, serang novelis top hidup dan akhirnya dibuatkan film hingga puluhan kali itu, ternyata diambil dari salah seorang agen kenamaan Sidney Reilly.

Sidney Reilly (Youtube)

Sidney Reilly, memang benar-benar seorang agen, dia kelahiran 24 Maret 1874 dari Odessa Ukraina.

Setidaknya inilah sosok aslinya, meski dalam film kemudian banyak didaptasi.

Setidaknya sejak tahun 1962, sudah 24 film lebih dengan pemain ganti-ganti.
Sebut saja Sean Connery, Tomothy Dalton, hingga Daniel Craig.

Namun tahukah anda, siapa Sidney Reilyy?

Hasil penelusuran sebuah situs top teguardian.com mengupas habis tentang kehidupan fenomenal Sidney, siapa dia, bagaimana kisah hidupnya.

Sumber lain adalah wikipedia.org menggambarkan secara gamblang bagaimana karakter sang James Bons asli ini:

1. Tidak Sepenuhnya Orang Baik:

Jago dan tampan, ini sosok James Bond dalam film.

Sidney Reilly, jika dia hidup sampai sekarang mungkin sudah berusia 143 tahun.

Namun dia disebut-sebut lahir di Odessa Ukraina dan meninggal 5 November 1925. Jadi dia meninggal pada usia 51, bisa dikatakan tidak tergolong tua tetapi juga tidak muda lagi alias sudah setengah abad.

James Bond (dailymail)

Dia memang seorang agen rahasia, yang jago dan hebat beladiri, memiliki pengetahuan luas, pandai berbagai bidang ilmu, sehingga memudahkan dirinya melakukan penyamaran.

Terkenal sangat licin, dan memiliki banyak indentitas.

Namun, dia disebut-sebut bukan orang baik, sebagai agen, dia menggunakan segala cara untuk mencapai tujuan yang diinginkannya, tujuan pribadinya yang ingin mengeruk banyak keuntungan dan uang.

Dia pun disebut-sebut sebagai agenda ganda, bahkan bekerja untuk tiga negara.

1. Menyusup dan Hendak Kudeta Uni Soviet

Jika James Bons dalma filmnya digambar seorang agen yang bertugas memburu seorang bandit kelas kakap, maka pekerjaan Sidney sebenarnya sebagai penyusup.

Dia bekerja untuk beberapa negara. Namun disebutkan identitas adalah anggota agen MI6, yang dikenal juga dengan Dinas Intelijen Rahasia (Secret Intelligence Service, SIS), adalah badan intelijen eksternal Britania Raya.
Tugasnya melakukan penyusupan di kawasan Latvia.

Di sana, dia sukses memengaruhi petinggi yang akan melakukan revolusi untuk melakukan kudeta. Dia mengatakan kalau dalam usaha ini pemimpin Uni Soviet tidak akan dibunuh namun diarak di tengah kota.

Apa yang dilakukan oleh Sidney ini ternyata diendus oleh pimpinan dari Uni Soviet.

Dengan kekuatan penuh, dia menangkap anggota agen MI6 yang salah satunya adalah Sidney.

Dalam penangkapan dengan tuduhan agenda kudeta berdarah ini, Sidney berhasil meloloskan diri sementara beberapa temannya ditangkap.

2. Terlibat dalam sebuah perampokan dan melarikan diri ke Inggris.

Sidney dikabarkan seorang bujangan, hidup sendiri, tidak memiliki keluarga, dan serba misterius. Maka tidak banyak yang yakin, jika identitasnya saat ini benar-benar aslinya.

Maka itu, tidak ada yang tahu seperti apa, awal kehidupan dari seorang Sidney Reilly. Semua cerita yang dikatakan kemungkinan besar bohong.

Namun, beberapa sejarawan meyakini jika dia adalah pemuda yang tumbuh dan besar di kawasan Ukraina.

Kehidupan disebut-sebut berlangsung sangat keras dan diperlakukan buruk oleh orang-orang disekelilingnya di Uni Soviet, bahkan sejak negaranya masih dibawah jajaran hingga kemudian berdaulat.

Dia tempak kehidupan yang keras dan tumbuh menjadi seorang yang lihai dan licin.

Dikabarkan, di negaranya serba keras itu, dia kemudian terlibat dalam sejumlah perampokan, kemudian melarikan diri ke Inggris dan bahkan diterima menjadi agen M16, agen rahasia di Inggris, Sidney Reilly.

Dia pernah melakukan aksi perampokan di Paris. Menyergap dan menusuk seorang anggota demontran yang memiliki cukup banyak uang.

Dengan uang itu, dia melakukan perjalanan ke Inggris untuk memulai karier yang membuatnya dijuluki Ace of Spies.

3. Disebut salah satu orang yang menyebakan meninggalkan

Orang Kaya dan Menikahi Istrinya Hugh Thomas seorang hartawan.

Meski disebut-sebut licik dan kejam, namun Sidney memiliki sisi baik, ketika dia terlibat dalam sebuah pembunuhan Hugh Thomas. Tetapi kemudian dia menikahi istri sang milyuner.

Kabar inipun simpang siur, disebutkan jika Sidney yang memang tampan itu, sengaja membunuh Hugh Thomas untuk menikahi istrinya Margaret Thomas.

Tetapi disebutkan pula, jika dia merasa bersalah dan kemudian tidak tega melihat sang istri yang berduka dan menghiburnya hingga keduanya menikah.

Adapun aksi Sidnet seperti disebutkan dalam situs guardian, adalah dengan meracuni pria ini di sebuah hotel dan membuat kematiannya ini seperti hal wajar yang disebabkan oleh penyakit.

Saat kematian dari seorang Hugh Thomas terjadi, dokter T.W. Andrew berada di tempat.

Dokter yang mendapatkan sertifikasi dari pemerintah ini seperti terkesan membantu Sidney Rilley sehingga pembunuhannya tidak diketahui.

Dia mengatakan kalau orang kaya itu meninggal karena penyakit biasa. Setelah jasad dikubur dan autopsi tidak dilakukan, Sidney Roley dan janda dari Hugh Thomas menikah dan mendapat banyak harta.

4. Menjadi Agen Ganda dan Berkhianat

Sidney Rilley adalah seorang agen ganda, atau tepatnya agen triple yang bekerja untuk tiga negara sekaligus.
 
Demi mendapatkan keuntungan dari negara, dia melakukan apa saja termasuk memberikan info-info penting agar pemasukan terus didapatkannya.

Dia pernah menjadi agen dari Inggris, Jepang, dan Rusia dalam sekali waktu.

5. Dikhianati teman dekat, dan dieksekusi mati di Uni Soviet

Sepandai-pandainya tupai melompak akhirnya pasti jatuh juga. Maka itu sangat tepat bagi James Bons alias Sidney, Pada tahun 1925 dia masuk ke Rusia untuk melakukan pekerjaan kotor.

Mirisnya, dia malah dijebak oleh pemerintah Rusia yang berpura-pura jadi pemberontak.

Dia dijebloskan di penjara untuk diadili. Saat dirinya terbukti salah, si James Bond ini masih memberikan penawaran akan memberi tahu rencana dari Inggris.

Sayangnya dia dieksekusi mati karena Rusia atau Uni Soviet tidak percaya dengan apa yang dia katakan.

Kabarnya, dia sulit dijinakkan dan licin, namun seorang teman dekatnya berkhianat dan tahu kelemahannya.

Inilah kisah tentang Sidney Reilly yang merupakan inspirasi pembuatan James Bond.

Ternyata agen yang katanya hebat ini juga penuh skandal ya. Benar-benar tidak terduga.(sripo/Hendra Kusuma)