Manjakan Penggemar PS4, Sony Hadirkan Konten Bahasa Indonesia

BANGKAPOS.COM - Sony akhirnya merilis update firmware 5.0 untuk konsol game PlayStation 4 (PS4). Dalam pembaruan firmware yang memiliki nama kode "Nobunaga" ini, Sony menghadirkan dukungan konten yang spesial bagi Indonesia.

Konten spesial tersebut adalah pilihan menu dalam bahasa Indonesia. Jika pilihan bahasa ini dipilih, semua menu akan ditranslasi ke bahasa Indonesia.

Menurut pengamatan KompasTekno langsung dari mesin PS4 yang sudah diperbarui, hasil translasi bahasa yang dihadirkan Sony cukup baik. Penggunaan kata dan kalimat terasa tepat dan mudah untuk dimengerti.

"Selamat Datang Kembali di PlayStation. Siapa yang sedang menggunakan controller ini?" berikut salah satu transalsi yang dihadirkan oleh Sony.

PS4 sendiri selama ini bisa dikontrol dengan menggunakan suara melalui aksesori tertentu. Sayangnya, perintah suara ini belum mendukung bahasa Indonesia seperti menu yang hadir di firmware 5.0 ini.

Selain bahasa Indonesia, update firmware Nobunaga ini menghadirkan dukungan bahasa lain, seperti Ceko, Yunani, Hungaria, Rumania, Thailand, dan Vietnam.

Peningkatan lain

Update PS4 5.0 juga hadir dengan beberapa peningkatan minor. Salah satunya dari segi PSN. Di update ini, pengguna bisa mempromosikan orang dewasa lain dalam PSN keluarga. Nantinya, orang dewasa lain itu bisa membantu menentukan tingkat parental control untuk akun anak.

Parental control merupakan sebuah sistem untuk mengatur game yang bisa dimainkan oleh tingkat umur tertentu. Misalkan sebuah game tertulis rating untuk 17 tahun ke atas. Sistem mengenali si pemain baru berumur 12 tahun, maka sistem akan mencegah game tersebut untuk dimainkan.

Selain itu, ada juga peningkatan dari sistem pesan, notifikasi, quick menu, dan beberapa hal kecil lainnya.

Firmware PS4 5.0 Nobunaga ini sudah bisa diunduh, Rabu (4/10/2017) secara gratis. Besar file unduhan mencapai sekitar 375 MB.