KNPI Gandeng HNSI dan PT Timah Tanam Bibit Mangrove

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--DPD KNPI Kabupaten Bangka bersama DPC HNSI Kabupaten Bangka menggandeng PT Timah Tbk melakukan penanaman bibit mangrove, Jumat (6/10/2017) di Lingkungan Nelayan 2 Sungailiat.

Pada kesempatan tersebut mereka menanam sebanyak 600 bibit bakau bantuan dari PT Timah Tbk.

Pelestarian lahan mangrove di lokasi Lingkungan Nelayan 2 Sungailiat ini menurut Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka, Syarli Nopriansyah merupakan kerjasama dengan Unit Produksi Laut PT Timah Tbk dan DPC HNSI Kabupaten Bangka untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2017.

"Jadi kita coba kegiatan yang sedikit menyentuh ke lingkungan masyarakat,  apalagi ini pemukiman penduduk, jangan sampai abrasi terlalu tinggi mengganggu pemukiman," ungkap Syarli kepada bangkapos.com.

Penanaman bibit magrove ini sebagai langkah awal dimana sepanjang bulan Oktober ini pihaknya akan melakukan penanaman bibit magrove di Kecamatan Belinyu dan daerah lainnya. Untuk itu KNPI akan melakukan tiga kali penanaman selama bulan Oktober ini terkait dengan peran serta pemuda memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan melestarikan lingkungan hidup.

"Untuk perawatannya KNPI bersama HNSI sama-sama merawat karena ini baru 600 bibit bakau yang ditanam. Kita akan lihat perkembangannya seperti apa. Setidaknya ada perhatian dan langkah nyata dari pemuda, HNSI dan PT Timah yang sudah membantu mensponsori kegiatan ini. Mudah-mudahan ke depan sinergitas ini terus terjalin sehingga kalau semuanya bahu membahu, satu kata satu hati untuk membangun Bangka saya rasa akan terwujud," kata Syarli.

Dia berharap, bakau yang ditanam tumbuh, dari bakau yang tumbuh ini akan menjadi ekosistem magrove yang memang dibutuhkan masyarakat pesisir terutama untuk menjaga lingkungan dan lautnya.

"Kegiatan ini kegiatan bersama sinergitas yang terjalin tidak hanya kegiatan seperti ini tetapi terus berkelanjutan dalam membangun Kabupaten Bangka ini lebih baik," harap Syarli.