Pekerja Pabrik Meninggal, Mansah Minta Disnaker Periksa K3 di Pabrik Leidong West Mill

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) asal Dapil Bangka Barat, Mansah mengatakan, bahwa ia juga memantau perkembangan Alili saat dirawat di rumah sakit di Pangkalpinang

"Kejadian dua minggu lalu dan Alili meninggal hari ini (kemarin), Alili adalah teman saya selama ini. Saya sangat menyayangkan, pabrik dari perusahaan dari grup sebesar itu (Sinar Mas Grup), sampai tidak memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pekerjanya," tandas Mansah kepada bangkapos.com Kamis (5/10).

Dikatakan Mansah, terkait kejadian itu sudah menghubungi Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Babel, agar turun ke lapangan untuk memeriksa penerapan K3 di Leidong West Mill.

Baca: Pekerja Pabrik Jatuh ke Dalam Bak Merebus Buah Sawit yang Sedang Mengepul, Begini Kondisinya

Persoalan yang harus menjadi perhatian dan harus disikapi secara serius, yakni masalah K3-nya.

"Kalau masalah tanggungan seperti BPJS itu kan sudah umum, tapi ini masalah K3 di perusahaan yang harus disikapi, kenapa sampai terjadi kasus seperti itu, penerapan K3 di perusahaan seperti apa, kalau terjadi kasus kecelakaan kerja sampai parah begini, artinya K3 di perusahaan nggak berjalan," tegas Mansah.

Manager Pabrik Kelapa Sawit PT Leidong West Mill, Wahyu mengaku sudah menerapkan K3 sesuai komitmen perusahaan, berikut penerapan APD juga sudah di bagikan.

"Sosialisasi tentang K3 sudah kami lakukan, sesuai komitmen perusahaan, K3 tetap diterapkan," kata Wahyu.