Kanal

VIDEO: Kayu Ini Mengucurkan Air, Bisa untuk Obat Batuk

OBAT TETES MATA DARI HUTAN -- Zurita (13) warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, memanfaatkan air kantong semar yang dipetik di hutan setempat, untuk obat sakit mata atau kesehatan matanya. Bagi Zurita, air kantong semar adalah obat tetes mata yang murni asli dari hutan. Foto diambil Sabtu (11/11/2017). - (Bangkapos/riyadi)

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pohon Berang jika ditebang, lalu ditegakkan lagi, akan mengucurkan air bening dengan rasa tawar.

Ternyata air itu diyakini berkhasiat untuk obat batuk. Salah satu di antara potensi hutan tersebut, selama ini dimanfaatkan oleh Kardinan Marcos warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

Ia memang berbeda dengan orang pada umumnya.

Ketika sakit seperti flu dan batuk, dia lebih memilih meminum air yang berasal dari satu jenis kayu yang ada di dalam hutan setempat daripada obat medis.

Bahkan ketika ada orang lain sakit yang sama, Kardinan rela masuk ke hutan untuk mencari kayu berang.

Setelah ditebang, kayu itu akan mengucurkan air bening tak berasa, layaknya air tawar.

Air itulah yang diminum untuk obat batuk atau ketika kulitnya terkena infeksi.

Menurut Kardinan (Dinan), ketergantungan terhadap hutan, diwarisi dari kakek-neneknya.

"Kami biasa hidup di hutan, meskipun punya rumah di kampung. Dulu kami sekeluarga juga cukup lama tinggal di kebun, jauh dari kampung, jadi kami alhamdulillah bisa makan cukup dari apa yang tersedia di hutan, sampai ke obat-obatan untuk anak-anak. Kami juga mengandalkan apa yang ada di hutan, itung-itung kami tidak pernah kenal namanya jarum suntik," kisah Dinan kepada bangkapos.com Selasa (14/11).

Halaman
123
Penulis: riyadi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer