Kanal

Dilarang Keras Menekan Daging Saat Memasak! Ini Akibatnya Pada Masakan

Mengolah masakan daging - sajian sedap

BANGKAPOS.COM--Orang Indonesia super cinta dengan masakan berbumbu kuat. Coba saja tengok rendang, opor, semur, rawon, dan gulai. Semua masakannya dibuat kaya rasa sehingga masakan jadi sedap.

Nah, kalau sudah menggunakan bumbu yang banyak ini, kita pasti ingin bumbunya meresap dalam daging atau ayam yang dimasak, dong. Akhirnya, banyak orang menekan-nekan daging dengan sodet, garpu, atau tusuk sate selama dimasak supaya bumbu bisa masuk ke dalam serat-serat daging. 

Padahal, cara ini super tidak disarankan, lo. Kenapa? Yuk, cari tahu. 

Menekan Daging Malah Membuatnya Jadi Kering

Biasanya kita paling sering menekan daging saat diolah dengan cara dipanggang atau diungkep. Dikiranya bumbu masuk ke dalam daging, padahal justru sebaliknya. Ketika ditusuk, kaldu mengalir keluar ke dalam air ungkepan. 

Hasilnya, daging jadi sarat kaldu. Daging jadi kering dan tidak gurih lagi. Ibaratnya seperti makan ampas. Padahal kan sayang karena yang kita makan adalah daging dan bukan kuahnya. 

Agar Bumbu Meresap Walau Daging Tidak Ditekan

Nah, kalau ingin bumbunya meresap, ada dua cara yang bisa kita lakukan, 

1. Marinasi

Memarinasi daging mentah dengan bumbu selama semalaman. Saat marinasi inilah kita diperbolehkan menusuk-nusuk daging atau ayam.

2. Masak Dalam Waktu Lama

Kalau dimasak dalam waktu lama, bumbu pasti bisa meresap dengan lebih sempurna ke dalam daging. Apalagi kalau dagingnya sudah dimarinasi dulu. 

Jadi ingat selalu kita dilarang keras menekan daging saat memasaknya, ya. Efeknya, daging bukan makin enak, tapi malah makin kering dan tidak gurih. 

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap

Sebelum Tewas, Anak Korban Pembunuhan di Bekasi Tulis Surat: Mama Papa Maafin Kakak Sudah Buat Marah

Berita Populer