Kanal

Berapa Lama Sebaiknya Memasak Cumi Supaya Tidak Alot Teskturnya?

Menu cumi - sajian sedap

BANGKAPOS.COM--Memasak cumi sebenarnya mudah. Pemula pun pasti dengan pede mengolahnya di rumah. Tidak perlu banyak bumbu, cukup ditumis atau digoreng tepung saja, rasanya sudah super lezat. Tapi kalau sembarangan diolah, cumi bisa jadi alot atau seperti karet teksturnya.

Kuncinya, cumi tidak by j" href="#49219065"> boleh  dimasak terlalu lama. Makin lama, teksturnya bukan makin lembut, tapi justru makin alot. Jadi, berapa lama kita sebaiknya memasak cumi? Kami punya panduannya untuk Anda,

1.  Ditumis

Tumis cumi cukup sampai warnanya berubah saja. Cumi awalnya bening, tapi setelah matang, cumia akan berubah berwarna keputihan. Menumis cumi sebaiknya antara 3-5 menit saja.

2. Dipanggang

Memanggang cumi dengan oven? Set waktunya maksimal selama 5 menit.

3. Dibakar

Membakar cumi di atas pan butuh waktu yang super singkat. Cukup 1,5 menit saja.

4. Digoreng

Siapa suka cumi goreng tepung? Kalau ingin tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, goreng cumi paling lama selama 5 menit saja. Masukkan begitu minyak panas sehingga permukaan luarnya langsung menguning dan cumi segera matang.

Sebagai tips tambahan, ada orang yang sengaja menambahkan air kapur sirih ke dalam rendaman atau bumbu cumi. Tujuannnya agar cumi bisa garing. Cara ini justru salah! Bukannya garing, air kapur sirih bisa membuat cumi jadi super alot. Jadi, hindari menambahkan air kapur sirih, ya.

Sebisa mungkin saat memasak cumi, ikuti panduan di atas ketika memasak cumi supaya tidak alot teksturnya. Jangan takut cumi tidak matang, sebab sama seperti ikan, udang, dan hidangan safood lain, cumi hanya butuh waktu sebentar saja untuk bisa matang. Selamat mencoba dan menghadirkan hidangan cumi bebas alot di meja makan.  

Editor: khamelia

Satu Keluarga di Bekasi Tewas, Tetangga Dengar Korban Telepon Bahas Uang dan Mobil dengan Nada Keras

Berita Populer