Kanal

Polisi Berjaga-Jaga, 33 Gereja di Kabupaten Bangka Disteril

Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun beserta anggota dan Ketua DPRD Bangka, Parulian alias Ucok di Halaman Gereja HKBP Sungailiat, Senin (25/2/2017). - Bangkapos/Fery laskari

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- 33 gereja di Kabupaten Bangka dijaga polisi. Tempat Ibadah Umat Kristiani itu disterilkan, guna mengantisipasi hal-hal tak diinginkan. Pengamanan diberikan terkait Perayaan Natal 2017, Senin (25/12/2017).

Dimulai apel siaga penanganan pihak kepolisian di Mapolres Bangka, Senin (25/12/2017) pagi. 102 polisi disiapkan khusus wilayah Kecamatan Sungailiat. Polisi ini menyebar di10 gereja yang ada di kota ini. Sementara personil kepolisian di wilayah kecamatan lainnya, juga melakukan kegiatan serupa.

"Kegiatan sterilisasi oleh pihak kepolisian dilaksanakan di gereja-gereja sebelum dimulainya acara kebaktian.

Sterilisasi bertujuan sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, " kata Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun diwakili Kabag Ops Kompol S Sophian ditemui Bangka Pos Groups, Senin (25/12/2017) siang di Mapolres Bangka.

Diakui Sophian, kegiatan kebaktian di wilayah ini cukup ramai. Mobilitas jemaat terbilang padat, namun terkendali di beberapa titik atau tempat.

"Di Kabupaten Bangka ada 33 gereja yang mendapat pengamanan khusus. Gereja tersebut menyebar di berbagai kecamatan. Sedangkan khusus di Sungailiat ada sepuluh gereja, " katanya.

Konsentrasi pengamanan berada di pusat kabupaten, yaitu Sungailiat, melibatkan 102 personil. Sedangkan personil lainnya berasal dari kepolisian masing-masing sektor.

"Khusus pola pengamanan di Kecamatan Sungailiat, kita sudah floating personil Polres dan Polsek Sungailiat yang melakukan pengamanan didukung satgas-satgas preventit maupun refresif. Sedangkan untuk kecamatan lainnya dilakukan pengamanan oleh masing masing Polsek," katanya.

Sementara itu kondisi pengamanan yang sudah dilakukan pagi hingga siang hari berjalan lancar. Pengamanan dilanjutkan petang hingga malam hari oleh tim yang sama.

"Kegiatan jemaat melakukan kebaktian untuk pagi hari ada 29 gereja di Bangka, sedangkan empat gereja lainnya sore hari. Situasi secara umum, Alhamdulillah, berjalan aman, lancar tanpa halangan apapun," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer