Kanal

Hanya Berjarak 50 Meter, Mitra PT Timah Tbk Lakukan Penambangan Dekat Sumber Air Baku PDAM Belinyu

Tim Satpol PT Timah Tbk saat memantau tambang timah yang merupakan mitra PT Timah Tbk beroperasi tidak jauh dari Kolong Pasir Mera di Kecamatan Belinyu yang menjadi sumber air PDAM Tirta Bangka. - ist/dok satpol pp kabupaten bangka

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, Kamis (4/1/2018) menertibkan tambang timah yang merupakan mitra PT Timah Tbk.

Tambang tersebut beroperasi hanya berjarak sekitar 50 meter tidak jauh dari Kolong Pasir Mera di Kecamatan Belinyu yang menjadi sumber air PDAM Tirta Bangka.

Kondisi ini diperparah dengan banyaknya warga yang ikut menambang di sekitar kolong tersebut.

"Tambang timah dekat kolong PDAM dapat izin PT Timah. Operasional tambang itu mencemari air PAM, dan kolong air baku PDAM Belinyu diserbu penambangan. Tadi kami ke Belinyu dapat laporan warga air PAM kebut dan ada tambang timah punya mitra PT Timah," ungkap Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman, Kamis (4/1/2017) kepada bangkapos.com.

Ia juga heran mengapa pihak PT Timah Tbk memberikan izin penambangan timah dekat dengan sumber air baku PDAM.

"Kami juga heran kenapa PT Timah memberi izin, akibatnya banyak penambang ilegal di pinggir pagar kolong PDAM Belinyu. Bakal jebol dam pembatas air kolong. Kami mempertanyakan kenapa izin bisa dikeluar PT Timah jarak 50 meter dari sumber air PDAM dari camoi tambang tersebut," sesal Suherman.

Dia juga menyayangkan, kondisi kolong Pasir Mera PDAM tersebut yang dibelah dua oleh pihak perusahaan mitra PT Timah Tbk.

"Dengan tambang yang diizinkan PT Timah ini membuat masyarakat berbondong ngelimbang. Robin dipinggir pagar pembatas PDAM. Kalau jebol pok akan masuk air sisa tambang," kata Mantan Kepala UPT Pasar ini.

Untuk itu pihaknya secara lisan meminta pihak mitra PT Timah Tbk tersebut agar menghentikan operasional tambang mereka.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer