Kanal

Wellindra Tegaskan Ambil Tindakan Tegas Jika PDAM Belinyu Tercemar Tambang

Wellindra Bashir - Ist

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Direktur Utama PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir mengatakan untuk penambangan timah di Kolong Pasir Mera Kecamatan Belinyu bukan ranah PDAM.  

Ditegaskan, yang penting selama aktivitas penambangan tidak dalam wilayah air baku dan juga tidak ada pencemaran.

Baca: Hanya Berjarak 50 Meter, Mitra PT Timah Tbk Lakukan Penambangan Dekat Sumber Air Baku PDAM Belinyu

Sedangkan untuk soal penertiban penambang itu ranahnya Satpam PT Timah Tbk karena izin dari pihak perusahaan BUMN tersebut.

"Setahu saya yang ada para penambang mitra PT Timah melakukan normalisasi saluran dan pembuatan dam baru agar limbah dak masuk," jelas Wellindra saat dikonfirmasi bangkapos.com,  Kamis (4/1/2018).

Menurutnya, sampai saat ini tidak ada limbah dari aktivitas penambangan yang masuk, bahkan air baku PDAM di Kolong Pasir Mera Belinyu tersebut semakin bening.

"Kalau sampai limbah dam air baku jebol dan kotor maka saya orang yang pertama mengambil tindakan tegas dan keras.Kalau soal izin para penambang bukan rana PDAM itu ranah PT Timah dan  dinas pertambangan. Kebetulan saja PDAM dapat izin memanfaatkan air permukaan kolong eks PT Timah. PDAM saja masih mau izin ke PT Timah kalau mau bangun instalasi air yang baku dan pemanfaatan lahan," ungkap Wellindra.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer