Kanal

Begini Peran Kepolisian dalam Mengawasi Penyebaran Konten Negatif di Tahun Politik

Kasubdit II Fismonden Ditreskrimsus Polda Babel, Kompol Wahyudi Rahman dalam diskusi umum terkait gugus tugas - Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kasubdit II Fismonden Ditreskrimsus Polda Babel, Kompol Wahyudi Rahman dalam diskusi umum terkait gugus tugas menyampaikan upaya pihaknya dalam menetralisir hoak dan aspek penegakan hukum.

Ia juga mengatakan pihaknya turut serta memonitoring konten-konten negatif terutama terkait pemilu dan kampanye saat ini.

Kompol Wahyudi Rahman mengatakan Undang-undang ITE No. 19 tahun 2016 menjadi payung hukum aktivitas di dunia mata.  Sebagai upaya extensi norma dunia maya ke dunia maya, baik yang dilarang di dunia nyata maupun di dunia maya.

“Ujaran kebencian di media sosial bisa di ancam pidana UU ITE,” ungkap Kompol Wahyudi Rahman dalam paparannya, Sabtu (10/3/2018).

Ia menyebutkan menetralisir konten-konten yang mengandung hoax saat tahun politik, diantaranya patroli cyber di media sosial, membuat grup cyber troops polda babel.

Serta, membuat forum pengaduan cyber crime polda babel di media sosial.

Selanjutnya, mekanisme pemblokiran melalui adanya masukan dari masyarakan di situs aduan konten, atau melalui kementerian lembaga terkait yang berkompeten.

Selain itu, bisa lewat penegak hukum, baik polri maupun kejaksaan, BNPT, dan BIN. Lalu, masukan diolah oleh Kementerian Kominfo, dan diminta memblokir ISP.

Ia pun mengimbau masyarakat cerdas menggunakan media sosial, jika menerima berita harus diverifikasi terlebih dahulu kebenaranya. Lalu, berita tersebut harus dipastikan bermanfaat atau tidak sebelum dipublikasi.

“Jelas dalam UU RI Tahun 2016 tentang ITE, pasal 28 ayat 2 dikatakan jelas setiap orang dengan jelas dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan, baik suku, ras, dan antar golongan atau sara akan dipidanakan 6 tahun dan denda 1 Milyar,” jelasnya.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer