Kanal

Harga Cabai Naik, Tantan Sebut Inflansi Masih Terkendali

Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika Sukmadrajat - Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Menanggapi adanya inflasi yang terjadi pada komoditi pangan cabai rawit merah.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika Sukmadrajat menilai kenaikan yang terjadi cukup signifikan. Tidak hanya di wilayah Babel tetapi juga terjadi di hampir seluruh pulau Jawa.

Kecendrungan mendatangkan cabai rawit merah dari pulau Jawa itulah yang mengakibatkan harga cabai rawit di Babel melonjak naik. Sementara di Sumatera justru harga komoditi tersebut lebih terkendali, kecuali Babel dan Bengkulu.

“Sejauh ini inflansi masih terkendali tetapi ada indikasi komoditi pangan cabai meningkat. Kenaikan yang terjadi bersifat sementara pada bulan ini, bulan depan cendrung akan menurun kembali,” ungkap Tantan Heroika Sukmadrajat saat menghadiri acara Putri Indonesia 2018 Pulang Kampung di Graha Timah Pangkalpinang, Senin (19/3/2018).

Tantan menilai seharusnya perdagangan antar pulau bisa memanfaatkan wilayah Sumatera yang tidak terjadi inflansi cabai untuk mendatangkan pasokan.

Jika, tetap mengharapkan pasokan dari Pulau Jawa tentu akan mendapatkan dampak serupa. Padahal, berdasarkan pantauannya klaster cabai cukup baik hanya saja kebutuhannya di Babel selalu lebih tinggi dibandikan produksinya.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer