Kanal

Menurut Kurniawan Ini Penyebab Kenapa Puskesmas di Pangkalpinang Sepi

Kepala UPT Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Kurniawan‎ - Bangka Pos / Dedy Qurniawan

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKA POS, BANGKA- ‎Kepala UPT Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Kurniawan‎ membantah jika disebut pelayanan puskesmas tak maksimal sehingga warga lebih banyak ke rumah sakit.

Menurutnya, warga lebih memilih ke rumah sakit ketimbang ke puskesmas lebih kepada budaya berobat warga yang datang ke puskesmas hanya untuk meminta rujukan.

Selain itu, menurut dia, sepinya puskesmas juga dikarenakan banyaknya klinik swasta (setara puskesmas) lain yang juga melayani pasien peserta BPJS Kesehatan. ‎

"Cuma adat budaya warga Bangka ini kami lihat, kalau sakit sedikit, pening kepala biasa beli obat warung, urut atau bekerok. Kalau sakit agak parah, memang datang ke puskesmas tapi kemudian minta rujukan ke rumah sakit. Mau sekali dua kali ke puskesmas, tapi kalau sampai tiga kali, mereka minta dirujuk. Kadang ada yang ngeluh obatnya itu-itu saja, mereka tidak mau kadang-kadang yang seperti itu," kata Kurniawan ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/4/2014) sore.

Menurut dia, ‎rumah sakit memang terkesan penuh. Selain karena jumlah rumah sakit prioritas rujukan yang terbatas, itu diperparah karena rumah sakit juga menampung pasien dari kabupaten lain di Bangka Belitung, seperti Toboali atau Sungailiat.

Kemudian, ada juga warga yang tak ke puskesmas karena lebih memilih klinik-klinik swasta yang melayani kepesertaan BPJS Kesehatan

."Dana kapitasi (dari BPJS Kesehatan) kan bukan hanya untuk FKTP pemerintah. Ini yang juga menyebabkan puskesmas sepi, karena banyak kecenderungan warga kita ke klinik-klinik swasta, seperti Klinik Pratama Bhakti Timah, Klinik Intan Medika, dr Rudi, Sun Clincic, larinya ke sana. Itu lihat mood masyarakatlah, susah menyebut Oh puskesmas jelek, tidak bisa juga, macam-macam. Ada yang ke klinik swasta karena bisa pergi malam, kalau puskesmas tidak bisa, macam-macamlah pokoknya," beber dia.‎ (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

VIDEO Isak Tangis Kerabat Korban Pembunuhan Bekasi: Tunjukkan Pembunuhnya Tuhan

Berita Populer