Kanal

Ini Hasil Pleno DPT KPU Kabupaten Belitung

Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan menyerahkan hasil rekapitulasi penetapan DPT kepada Ketua Panwaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar, Kamis (19/4/2018). - Pos Belitung/Dede Suhendar

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung akhirnya secara resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung 2018 sejumlah 120.235 pemilih.

Penetapan DPT bersumber dari hasil penetapan Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dari lima PPK tingkat kecamatan ditambah masukan berupa rekomendasi dari Panwaslu Kabupaten Belitung.

"Berdasarkan tahapan dan jadwal, kami telah menetapkan DPT melalui rapat pleno yang disaksikan dan dihadiri semua tamu undangan mulai dari Panwaslu, LO masing-masing paslon dan dinas terkait. Alhamdulillah DPT sejumlah 120.235 pemilih diterima dan disetujui oleh seluruh tamu undangan," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan, Kamis (19/4/2018).

Berdasarkan rekapitulasi yang disahkan dalam rapat pleno terbuka di restoran Pandan House itu, Kecamatan Tanjungpandan memiliki mata pilih lebih dari 50 persen dibanding empat kecamatan lainnya.

Tercatat Kecamatan Tanjungpandan memiliki 66.273 pemilih tersebar di 16 desa kelurahan dan 158 TPS.

Kemudian, disusul oleh Kecamatan Sijuk dengan jumlah 20.927 pemilih dan Kecamatan Membalong 18.422 pemilih.

Sementara itu, Kecamatan Badau berjumlah 10.245 pemilih dan posisi terakhir Kecamatan Selat Nasik dengan jumlah 4.368 pemilih.

"Sesuai dengan proses pleno, sebelum ditetapkan PPK dari masing-masing kecamatan membacakan hasil pleno DPSHP mereka," katanya.

Selain rekapitulasi PPK, kata Soni, pihaknya juga telah menerima surat rekomendasi dari Panwaslu Kabupaten Belitung terkait data ganda dari beberapa kecamatan hasil DPSHP.

Lalu, setelah ditindaklanjuti KPU dan dikroscek oleh empat operator ternyata memang benar ditemukan sekitar 395 data ganda.

"Jadi rekomendasi terkait data ganda itu telah kami tindaklanjuti dan langsung dibuang dari DPT. Akhirnya kami memperoleh data bersih yang ditetapkan menjadi DPT," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer