Kanal

Aktivitas Alat Berat Beraktifitas Sekitar Kolong Biru

Aktivitas penambangan pasir timah menggunakan alat berat (eksavator) berada di Bemban, lokasi tambang eks Koba Tin yang berada tidak jauh dari koling biru. - bangka pos/riki

Laporan Wartawan Bangkapos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Aktivitas tambang ilegal ternyata tak hanya terjadi disekitar wisata kolong biru, Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, namun tak jauh dari lokasi tersebut aktifitas penambangan juga terjadi.

Tepatnya didaerah Kedangkal dan bemban yang merupakan eks kobatin, penambangan pasir timah menggunakan alat berat (eksavator) pun terjadi.

Pantauan bangkapos.com, dari pinggiran jalan terlihat lebih dari satu aktifitas alat berat yang mengambil biji timah didalam lokasi tambang tersebut. Mereka dengan terang-terangan melaksanakan aktifitas yang dianggap melanggar itu.

Selain itu, aktivitas penambangan juga hanya berjarak ratusan meter dari badan jalan. Aktifitas tambang terlihat dengan menggunakan pipa yang tersambung dengan mesin robin menyemburkan air berwarna kecoklat-coklatan di lokasi tambang.

Selain itu, gundukan pasir putih bekas kerukan alat berat, juga terlihat jelas, membuat lubang galian tanah yang dalamnya mencapai puluhan meter.

Ditemui dilokasi pertambangan, para penambang mengaku sudah satu minggu menyewa alat berat untuk melakukan aktifitas tambang di lokasi eks Kobatin tersebut.

Menanggapi terkait aktifitas itu, Kasat Pol PP Bangka Tengah Mulyanto mengatakan terkait adanya laporan aktifitas tambang menggunakan akal berat, pihaknya akan melakukan koordinasi terhadap pihak yang terkait.

"Kami akan mengirimkan tim kita dulu, untuk memetakan sikon dan kiita akan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait terutamanya jajaran TNI dan kepolisian dalam rangka penertiban TI yang beroperasi di seputaran kolong biru," jelas Kasat Pol PP kepada wartawan, Selasa (1/5/2018)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer