Kanal

Ini Faktor Pendukung dan Penahan Inflasi April 2018

Kegiatan Babel Ekonomi Forum - Bangka Pos/Idandi Meika Jovanka

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Inflasi pada April 2018 dipengaruhi sejumlah faktor dan penahan. Cuaca, perayaan hari besar, dan kenaikan sejumlah harga komoditi mempengaruhi pergerakan inflasi, Senin (30/4/2018)

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika mengatakan pendorong inflasi di Babel yaitu terganggunya pasokan bahan pangan akibat tingginya curah hujan pada awal tahun, cuaca pancaroba mempengaruhi tinggi gelombang dan jumlah tangkapan ikan. Serta, terhambatnya distribusi bahan pangan dari sentra produksi karena tinggi gelombang.

Naiknya harga BBM, permintaan tiket pesawat memasuki perayaan Ceng Beng, dan naiknya cukai rokok juga mendorong laju inflasi di Babel. Selain itu, ternganggunya pasokan ikan di komoditas inti akibat gelombang tinggi sehingga nelayan kesulitan melaut. Serta, kenaikan harga emas dan komoditas utama internasional.

“Penguatan sektor pertanian dan perikanan, serta efek lanjutan implementasi peraturan harga eceran tertinggi di sejumlah komoditas menjadi faktor penahan inflasi,” ungkap Tantan Heroika

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer