Kanal

HET Daging Ayam Bulat Rp 32.000 Perkilo, Namun di Pasaran Melebihi HET

Kemas Arfani Rahman - Bangkapos/Nurhayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Harga daging ayam sejak menjelang Ramadan hingga saat ini melonjak.

Dari sebelumnya untuk harga ayam bulat yang masih utuh hanya berkisar Rp 25.000 hingga Rp 28.000 perkilogram melonjak menjadi Rp 35.000 hingga Rp 37.000.

Sedangkan harga daging ayam bersih atau yang sudah dipotong-potong berkisar Rp 37.000 hingga Rp 40.000.

Diakui Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman pihaknya tidak bisa melakukan tindakan untuk menurunkan harga daging ayam karena bukan kewenangan dinas pertanian.

"Saya juga tidak habis pikir mengapa harga ayam mahal padahal kemarin sudah ada kesepakatan di provinsi terkait dengan HET (Harga Eceran Tertinggi--red) harga daging ayam bulat itu Rp 32.000. Ini yang menjadi masalah ini kenapa bisa sampai Rp 35.00 sampai dengan Rp 37.000 yang melebihi HET. Kami tidak bisa melakukan tindakan apa pun karena bukan kewenangan. Untuk melakukan itu kami hanya memantau harga, itu juga sebatas pengetahuan kami saja. Kalau untuk produksi itu baru kami yang bertanggung jawab memberikan jawaban kepada masyarakat," jelas Kemas kepada bangkapos.com, Sabtu (19/5/2018) di Dinas Pertanian Kabupaten Bangka.

Menurutnya produsen DOC (Day Old Chicken) atau anakan ayam, di Kabupaten Bangka diproduksi dua perusahaan besar yakni PT Devi dan PT Charoen Pokphand.

Kedua perusahaan tersebut sudah bermitra dengan para peternak ayam. 

Namun diakui Kemas yang menjadi masalah peternak ayam mandiri dan musiman dimana mereka mengorder DOC dua atau tiga bulan sebelumnya yang kesulitan mendapatkan DOC karena belum bermitra dengan dua perusahaan produsen DOC tersebut.

"Perusahaan ini kan kapasitas terpasang mereka untuk memproduksi di DOC itu sudah tercatat untuk berapa peternak yang ada di Kabupaten Bangka, berapa peternak yang ada di Kabupaten Bangka Barat, kemudian Bangka Selatan, Pangkalpinang kemudian Belitung karena saya juga sering menandatangani pengeluaran DOC ke Belitung  maupun Belitung Timur nah mereka ini sudah punya kapasitas terpasang untuk semua mitra mereka ini sekian sekian ratus ribu DOC," jelas Kemas.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer