Kanal

Pertumbuhan Ekonomi Babel di Proyeksikan Meningkat Pada Triwulan II

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika - dok bangka pos

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada Triwullan II diproyeksikan tumbuh bekisar 4,2- 4,6 persen (yoy). Prediksinya lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi triwulan sebelumnya. Terutama, ditopang optimisme masyarakat terhadap program-program yang dijalankan Gubernur Babel, Sabtu (26/5/2018).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Tantan Heroika mengungkapkan sejumlah program Gubernur Babel sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Terutama, program yang fokus peningkatan kapasitas UMKM, perbaikan jalur distribusi lada, zonasi pertambangan, serta peningkatan kunjungan wisatawan melalui kegiatan skala nasional dan internasional.

Selain itu, pertumbuhan juga didorong oleh konsumsi rumah tangga, investasi dan ekspor luar negeri. Investasi swasta meningkat seiring dengan dampak paket kebijakan pemerintah, pemanfaatan ruang pelonggaran moneter secara terukur dengan tetap menjaga stabilitas makro, pelonggaran kebijakan makro prudensial dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Pengeluaran pemerintah khususnya terkait belanja modal di awal tahun masih relatif terbatas sebagai akibat beberapa proyek-proyek pemerintah masih dalam proses tender. Ekspor akan meningkat seiring dengan membaiknya harga komoditas terutama timah dan membaiknya perekonomian negara-negara mitra dagang, namun demikian peningkatan harga masih cenderung terbatas dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami proyeksikan pertumbuhan ekonomi Babel pada Triwullan II tumbuh 4,2-4,6 persen. Pertumbuhannya pun akan kelihatan terutama adanya program Gubernur Babel yang mendorong perekonomian masyarakat,” ungkap Tantan Heroika

Investasi Babel Membaik, Tunjang Laju Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi di Bangka Belitung diproyeksikan membaik pada Triwulan II. Satu diantaranya, sektor Investasi yang semakin maju dibandingkan Triwulan sebelumnya dan periode yang sama tahun lalu.

Tantan menjelaskan pertumbuhan investasi akan meningkat sejalan dengan mulai meningkatnya investasi dan konsumsi pemerintah serta swasta di tengah tahun.

Kegiatan investasi diharapkan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya seiring implementasi kebijakan pemerintah yang mendorong investasi dan stabilitas makro ekonomi.

Peningkatan investasi terkait pembangunan beberapa proyek infrastruktur, diantaranya pembangunan rumah sakit, pembangunan hotel-hotel, pembangunan jembatan teluk kelabat, pembangunan waduk Gunung Tajam, pembangunan dan perluasan Bandara HAS.

Hanandjoeddin di Belitung, pembangunan jalan trans Bangka, pengembangan KEK Tanjung Kelayang, dan proyek infrastruktur lainnya. Sementara itu, investasi swasta diharapkan akan meningkat seiring dengan dampak paket kebijakan pemerintah dan pemanfaatan ruang pelonggaran moneter secara terukur dengan tetap menjaga stabilitas makro.

“Kita bisa lihat Pemerintah Daerah sangat aktif meningkatkan investasi di Bangka Belitung melalui keikutsertaan dalam kegiatan nasional maupun internasional,” kata Tantan Heroika

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer