Kanal

BI Ajak Wartawan Ikut Sosilisasikan GPN di Babel

Manager Departemen Gerbang Pembayaran Nasional Rice Mery Ulva, - Bangka Pos / Suharli

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

BANGKAPOS.COM, PANGKALPINANG -  Bank Indonesia perwakilan Bangka Belitung mengelar sosialisasi Kartu debit atau ATM yang dapat dioperasikan untuk transaksi dalam negeri pada sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) kepada wartawan se Bangka Belitung (Babel) di Hotel Santika pada (29/5/2018).

Manager Departemen Gerbang Pembayaran Nasional Rice mery Ulva, menjelaskan GPN adalah suatu sistem yang terdiri atas standar, switching dan Servis yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme, untuk menginterpretasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran.

Dijelaskan Rice dengan adanya GPN ini, artinya proses transaksi nontunai  dari dalam negeri, tak lagi menggunakan jasa internasional. Maka otomatis juga akan mengurangi biaya transaksi yang disebut MDR (Merchat Discount Rate) bila menggunakan mesin EDC dari bank yang berbeda.

Lebih dalam Rice menerangkan tujuan dibentuknya GPN ialah mewujudkan sistem pembayaran nasional yang andal membangun ketahanan, pengembangan, serta meningkatkan daya saing dan juga menata infrastruktur kelembagaan, instrumen, dan mekanisme sistem pembayaran nasional.

"GPN mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas. Serta, memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi nontunai," ujar Rice (28/5).

Dilanjutkan Rice, "dengan interkoneksi dan Interoperabilitas, GPN memungkin transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas dan efisien," jelasnya.(*)

Penulis: Suharli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer