Kanal

Tamasya Sejenak di Bukit Kukus, Memantau Kota Muntok dari Ketinggian

- Bangkapos/Nordin

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurdin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bukit Kukus Desa Airbelo Kecamatan Muntok Bangka Barat, mulai ramai diperbincangkan.

Keindahan bukit itu, membuat banyak orang penasaran dan ingin datang. Ketika berada di bukit ini, pengunjung dapat melihat hamparan pemukiman dan suasana Kota Muntok dari ketinggian.

Udara di Bukit Kukus dipastikan masih segar. Sejumlah populasi tanaman tumbuh rindang, dihiasi hijau dedaunan. Panorama alami ini membuat para pengunjung, sejenak melupakan lelah ketika mendaki.

Suasana Bukit Kukus di Desa Air Belo Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat (Bangkapos/Nordin)

Di tempat ini terdapat sejumlah spot foto menarik bagi penyuka fotografi dan swafoto. Berbagai kreasi tempat selfi yang disuguhkan oleh pengelola, diantaranya perahu latar alam, kupu-kupu hingga kreasi tulisan kekinian.

"Bukit ini mulai dikenal setahun lalu dan sekarang makin sering dikunjungi wisatawan. Ada yang dari Bali, Bogor, komunitas, club dan wisatawan lokal," kata Mailah, Ketua Masyarakat Peduli Bukit Kukus Desa Airbelo, Jum'at (1/6/2018).

Menurut Mailah, ramainya pengunjung karena akses jalan mudah ditemui. Jalan menuju bukit juga dilengkapi tanda atau petunjuk agar pengunjung tidak sesat.

"Fasilitas di bukit ini sudah cukup baik, sudah ada tempat istirahat juga mushollah dan tempat parkir kendaraan. Ke depannya akan kami kembangkan aula pertemuan untuk memberi rasa nyaman ke pengunjung," tambahnya.

Ketika sudah sampai di lokasi bukit, pengunjung tak perlu takut kelaparan. Pengelola menyediakan berbagai menu makanan ringan dan minuman siap dinikmati.

Bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat hewan langka tertentu di alam terbuka.

"Untuk menikmati bukit ini, wisatawan membayar seiklasnya. Uangnya akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan bukit ini juga," kata Mailah.

Seorang Pengunjung Bukit Kukus Airbelo asal Pangkalpinang, Edi Kurniawan (26) mengaku kagum dengan keindahan pemandangan alam yang ada di bukit itu.

Selain suasana alamnya yang masih segar, sejumlah pepohonan atau kayu yang mulai punah masih terpelihara.

"Jangan sampai tidak datang ke Bukit Kukus, meskipun capek naiknya tapi terbayar ketika sudah berada di atas bukit. Apalagi melihat keindahan alam dan Kota Muntok tampak nyata sekali," kata Edi.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer