Kanal

Jumlah TPS Pemilu 2019 Lebih Banyak dari Pilkada Pangkalpinang, Ini Penjelasan KPU

KPU Pangkalpinang menyerahkan daftar pemilih sementara ke pengurus partai politik, calon anggota DPD dan stakeholder terkait. Minggu (17/6/2018). - (Ist, KPU Pangkalpinang)

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilu 2019 di Pangkalpinang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah TPS pada pilkada mendatang.

Yusmayadi, Divisi Perencanaan dan Data Informasi, KPU Pangkalpinang mengatakan jumlah TPS untuk pilwako hanya 383 TPS, sedangkan untuk pemilu sebanyak 523 TPS di Pangkalpinang.

“Karena di berdasarkan PKPU 11/2018 tentang pemutakhiran daftar pemilih pemilu, pemilih per TPS itu paling banyak atau maksimal hanya 300 pemilih. Sedangkan untuk pilkada itu pemilih per TPS rata-rata 400 - 500 pemilih,” jelas Yusmayadi kepada bangkapos.com, Senin (18/6/2018).

Dari TPS dengan 500 pemilih itu dipecah lagi menjadi 2 bagian. Karenanya jumlah TPS untuk pemilu 2019 mengalami penambahan.

Tak hanya jumlah pemilih yang bertambah. Jumlah logistik pun seperti kotak suara akan mengalami penambahan yang cukup signifikan.

“Penambahan ini pengaruh juga sama logistik kita. Untuk surat suara saja, setiap TPS itu diperlukan 5 kotak, kemudian dikalikan sebanyak 523 TPS yang ada. Bedanya dengan pilkada kotak suara cukup 1 kotak saja,” ujar Yusmayadi.

Saat ini kebutuhan logistik untuk pemilu 2019 sedang dilakukan pendataan. Jumlah tersebut nantinya akan diajukan ke KPU RI untuk dilakukan penambahan atau penggantian bila ada yang rusak.(*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Jelang Pernikahan Mantan, Pria di Kalimantan Tengah Mengamuk Bunuh Bibi dan Ibu Kandungnya

Berita Populer