Kanal

KPU Berencana Gunakan Kotak Suara Transparan

Divisi Perencanaan dan Data Informasi, KPU Pangkalpinang, Yusmayadi - Dok/Bapos

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi Pemilihan Umum sudah mulai melakukan tahapan pemilu 2019. Salah satunya dengan merencanakan logistik pemilu yang akan digunakan nantinya.

Salah satu yang bakal berubah adalah penggunaan kotak suara. Sebelumnya menggunakan kotak suara berbahan plat alumunium atau bahan tak tembus pandang, rencananya pada pemilu 2019 akan digunakan kotak suara berbahan transparan.

Hal ini disampaikan Yusmayadi, Divisi Perencanaan dan Data Informasi, KPU Pangkalpinang kepada bangkapos.com, Senin (18/6/2018).

“Akhir tahun nanti kita akan cek kembali kotak suara, bilik suara dan logistik lainnya. Bila ada yang rusak kita gantikan. Tapi rencananya KPU juga akan menggunakan kotak suara transparan. Kalau pakai yang transparan kotak suara yang ada sekarang digantikan semua,” ujar Yusmayadi.

Terkait penggunakan kotak suara transparan ini, Yusmayadi mengatakan anggarannya sudah disiapkan oleh KPU RI.

“Belum pasti juga pakai kotak suara transparan atau tidak. Tapi anggarannya sudah disiapkan oleh KPU RI. Kita masih menunggu realisasinya. Kalau pilkada tetap pakai yang lama,” tambahnya.

Bila menggunakan kotak suara berbahan transparan, untuk di Pangkalpinang saja membutuhkan cukup banyak.

Jumlah TPS yang ditetapkan sebanyak 523 TPS. Bila setiap TPS membutuhkan 5 kotak suara, artinya kebutuhan kotak suara transparan ini sebanyak 2615 kotak suara berbahan transparan.(*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer