Kanal

VAR Pengaruhi Keputusan Wasit, Korea Selatan Kalah dari Swedia

VAR - fourfourtwo

BANGKAPOS.COM -- Swedia memetik kemenangan 1-0 atas Korea Selatan pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Rusia, Senin (18/6/2018), via gol penalti pada babak kedua. Penalti diberikan setelah wasit melihat tayangan ulang pelanggaran di dalam kotak penalti Korea Selatan.

 Pelanggaran atas Viktor Claesson membuat wasit Joel Aguilar meninjau tayangan ulang lewat VAR dan memberikan penalti untuk Swedia.

Andreas Granqvist yang maju menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dan membawa Swedia memimpin. Hingga akhir pertandingan, tak ada tambahan gol.

MARTIN BERNETTI/AFP

Kehadiran teknologi Video Assistant Referees (VAR) yang sempat menjadi kontroversi digunakan pada Piala Dunia 2018.

// googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-Inside-MediumRectangle'); }); //

VAR sebenarnya adalah video yang merekam setiap kejadian pada pertandingan sepakbola dan diputar kembali untuk menentukan keputusan wasit.

VAR ()

Kehebohan tersebut dipicu pertama kali oleh penggunaan teknologi canggih ini pada Piala Konfederasi 2017.

Kritikan dari para penikmat sepakbola mengenai adanya teknologi ini adalah karena disinyalir dapat menimbulkan kebingungan.

Betapa tidak, kini, ketika pemain berhasil melesatkan bola ke dalam gawang, mereka tak lagi berteriak kegirangan ataupun melakukan selebrasi, melainkan hanya memandang ke arah wasit dan memastikan apakah golnya tersebut sah atau tidak.

"Dibutuhkan kegembiraan dari sepak bola, para pemain tidak saling berpelukan setelah mencetak gol lagi, sebaliknya mereka melihat langsung ke arah wasit. Ini menghilangkan adrenalin dan kenikmatan sepak bola menurut saya," kata pelatih Lazio Simone Inzaghi.

Bahkan, bos tim nasional Chile, Juan Antonio Pizzi, sempat memberikan komentar 'pedasnya' terkait teknologi tersebut.

Halaman
12
Penulis: teddymalaka

Warga Gerebek Guru Honorer Asal Madura yang Cabuli Siswi SMP di Dalam Mobil, Awal Kenalan di Medsos

Berita Populer