Kanal

Helyana Laporkan Dugaan Money Politik Pilkada Belitung, Begini Tanggapan LO Sanem

Helyana menunjukkan laporan dan bukti-bukti terkait dugaan kecurangan dan money politic di Pilkada Belitung, Kamis (5/7/2018) - Bangkapos/Hendra

BANGKAPOS.COM--Peserta pilkada Belitung, Helyana yang berpasangan dengan Djunaidi Rahman melaporkan adanya dugaan money politic pada Pilkada serentak 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Belitung .

Dalam konfrensi persnya, Helyana menyertakan bukti-bukti berupa puluhan buku tabungan plus ATM, kartu Sehati Belitung serta rekap penerima uang .

Laporan tersebut disampaikannya ke Panwaslu Belitung tanggal 2 Juli 2017. Kemudian, Kamis (5/7/2017) dia juga melaporkan dugaan money politic ke Bawaslu Provinsi Bangka Belitung.

“Laporan saya sudah ditindaklanjuti panwaslu. Saya juga sudah memberikan keterangan dan menyampaikan bukti-buktinya. Saksi-saksi juga sudah diperiksa dan saat ini saya mau melaporkan lagi ke Bawaslu Provinsi Bangka Belitung,” ujar Helyana didampingi Ketua DPD PDIP Babel, Didit Srigusjaya dan Bapilu DPD PDIP Babel Imam Wahyudi, Kamis (5/7/2018) kemarin.

Helyana menjelaskan bahwa bukti buku tabungan plus ATM tidak berisi saldo. Namun yang disayangkannya pihak bank dalam hal ini sebuah bank milik pemerintah bisa mengeluarkan puluhan hingga ratusan buku tabungan.

Dia menilai, apa yang dilakukan oleh pihak bank tersebut sudah melanggar aturan dan menyalahgunakan kewenanganya.

Ketua DPD PDIP Babel, Didit Srigusjaya menyesalkan pihak bank sampai terlibat hal seperti ini. Padahal bank tersebut menurutnya merupakan BUMN, seharusnya bersikap netral dalam pilkada.

Enggan Tandatangan Pleno

Helyana enggan menandatangani hasil rapat pleno KPU Kabupaten Belitung. Kepada harian ini, Helyana beralasan hasil tersebut belum disepakatinya. Pasalnya dalam proses pilkada belitung masih ditemukan adanya kecurangan.

“Saya tidak mau tandatangan hasilnya. Kita nilai hasil pilkada itu banyak kecurangan,"ujar Helyana.

Halaman
123
Penulis: Hendra
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer