Kanal

Gakum Kemenhut Kesal Ada Oknum Kades dan LSM Halangi Petugas Saat Sita Alat Berat Tambang

Suasana razia oleh Kemenhut RI Wilayah Sumatera di kawasan perbatasan Desa Cit dan Desa Mapur Kecamatan Riausilip Bangka, Rabu (11/9/2018). - Ist

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tiba-tiba petugas dari tim khusus, asal Kementrian Kehutanan RI datangi tambang ilegal di lokasi Perbatasan Desa Cit dengan Desa Mapur Kecamatan Riausilip Bangka, Rabu (11/7/2018).

Alat berat dan pekerja tambang diamankan ketika itu, karena disinyalir merambah kawasan hutan produksi (HP).

Kapolres Bangka AKBP M Budi Ariyanto diwakili Kabag Ops Kompol.S Sophian sempat dikonfirmasi Bangka Pos, Rabu (11/7/2018) siang.

Sophian, ketika itu  mengaku belum mendapat kabar petugas mana yang dimaksud melakukan penangkapan atau razia di kawasan ini. "Petugas mana? Kalau Polres Bangka tidak ada. Nanti coba saya cek dulu," kata Sophian siang tadi.

Begitu juga Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Babel, Marwan dikonfirmasi, Rabu (11/7/2018) petang, juga memastikan pihaknya tak melakukan penangkapan atau razia.

"Kemungkinan dari Gakkum (penegakan hukum) Kementrian Kehutanan Pusat, Wilayah Sumatera" kata Marwan.

Untungnya, Pihak Kementrian Kehutanan Pusat, diwakili Pejabat Gakum Kemenhut Wilayah Sumatera, Dodi mau memberikan penjelasan pada Bangka Pos Groups.

Melalui pesan singkat (WA) telepon seluler, Dodi mengakui adanya razia ini. Namun Dodi menyesalkan upaya pihak tertentu yang berusaha menghalangi Gakum Kemenhut, saat akan menyita alat berat di tambang tersebut.

"Oknum Kepala Desa dan mengatasnamakan LSM masyarakat dengan segala cara barang yang diamankan tidak bisa diamankan oleh petugas," kata Dodi memberikan penjelasan awal. Sementara itu pihak Kepala Desa Cit dan Kepala Desa Mapur Kecamatan Riausilip sedang diupayakan konfirmasinya oleh Bangka Pos Group, Rabu (11/7/2018).(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer