Kanal

Panwaslu Awasi Pendaftaran Caleg Dari Awal Hingga Penutupan 

Divisi pencegahan dan Hubla Panwaslu Kota Pangkalpinang, Luksin Siagian - Bangka Pos/Yudha Palistian

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pangkalpinang akan mengawasi proses pendaftaran calon legislatif (caleg) oleh Parpol ke KPU Pangkalpinang sejak dibukanya pendaftaran pada 4 Juli lalu hingga penutupan 17 Juli mendatang.

Divisi pencegahan dan Hubla Panwaslu Kota Pangkalpinang, Luksin Siagian mengatakan panwaslu akan memantau seluruh proses, mulai dari waktu pendaftaran hingga keaslian ijazah bakal caleg.

“Kita awasi seluruh prosesnya. Misalnya waktu pendaftaran. Jikalau mulai 4 Juli itu dari jam 08.00 pagi sampai 16.00 sore. Hari terakhir itu kan paling lambat jam 23.59 WIB. Lewat dari itu KPU tak boleh memproses,” ucap Luksin kepada Bangkapos di Kantor KPU Pangkalpinang,  Rabu (11/7/2018).

Ia juga mengatakan,  panwaslu mengawasi kelengkapan administrasi para bakal caleg sesuai dengan UU yang ditetapkan, jadi melihat ada kecocokan maupun ketidakcocokan tiap masing-masing parpol.

"Himbaun untuk para parpol jangan sampai mendaftar jelang akhir massa penutupan, sebab ditakutkan ada dokumen yang belum lengkap ataupun sistemnya error," jelasnya.

Selain itu,  panwaslu juga kroscek ijazah bacalegnya, walau pun KPU melibatkan Dinas Pendidikan dan Kemenag, karena sudah tugas kita (Panwaslu) untuk mengawasi proses ini.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, salah satu syarat mencalonkan diri adalah memiliki ijazah SMA atau sederajat.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer