Kanal

Parpol Tak Kunjung Mendaftar ke KPU Pangkalpinang, Begini Kata Ibrahim

DR Ibrahim S Fil, MSi DekanFisip UBB - dok bangka pos

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Univerisitas Bangka Belitung, Ibrahim mengatakan para parpol tak kunjung mendaftar dikarenakan sedang otak -otak peluang dalam pileg 2019 mendatang, Rabu,  (11/7/2018).

"Jeda waktu yang tersedia memang masih relatif panjang, Parpol sedang memanfaatkan waktu untuk mematangkan kandidat. Kandidasi ini sensitif karena terkait dengan peluang mengirim kader ke parlemen," tambahnya kepada Bangkapos.

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem terbuka dengan nomor urut tidak terlampau signifikan mendorong kompetisi internal Parpol semakin kencang. Di sisi lain, Parpol yang analisanya bagus akan sengaja mencari lawan tanding yang kuat di internal Parpol dan dapil yang sama. 

"Saya melihat bahwa Pimpinan Parpol masih sibuk memetakan peluang setiap kader. Pendaftaran yang gelondongan tiap Parpol ini akan menumpuk di akhir meski resikonya adalah kesempatan perbaikan yang terbatas," jelas Ibrahim. 

Ia pun menghimbau,  Parpol sebaiknya menyiapkan kandidat yang matang dan menjadi pendulang suara. 
Bagaimanapun tidak baik one man show di setiap parpol dengan dapil yang sama karena mereka saling membutuhkan untuk mencukupi angka BPP.

"Jika boleh jujur, sebenarnya Pemilu Legislatif akan sarat kontestasi internal. Itu sebabnya menurut saya, para Parpol sedang otak-atik peluang dan potensi elektabilitas. Tarik-menarik kepentingan kemudian menjadi tidak terhindarkan, apalagi zona dimana kans jumlah kursi setiap Parpol sudah bisa diprediksi," tutupnya.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer