Kanal

Kemenhut Tangkap Penambang Ilegal, Pengacara Bantah HS Pasang Badan

Pengacara Budiono Kuasa Hukum Pelaku Penambangan, HS - Ist

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kasus razia pertambangan di lokasi perbatasan Desa Cit dengan Desa Mapur Kecamatan Riasilip, Bangka terus berlanjut.

Bahkan HS (41) Warga Dusun Airtenggiling Desa Cit yang disebut-sebut sebagai pemilik tambang sudah diamankan. 

Sedangkan rumor yang menyebutkan bahwa Hs hanya dijadikan sebagai 'tumbal' untuk menyelamatkan seorang pengusaha yang sebelumnya dikabarkan sebagai pemilik asli tambang langsung dibantah keras pengacara HS, Budiono.

Budiono membenarkan kliennya atas nama Hs sudah dilakukan penangkapan selaku pemilik tambang.

"Sehubungan dengan kegiatan penangkapan dan penahanan yang dilakukan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenhut) di Wilayah Desa Cit Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka, dengan ini saya selaku penasihat hukum Tersangka HS menyampaikan bahwa memang benar klien kami atas nama HS telah dilakukan penangkapan," kata Budiono, Jumat (13/7/2018) petang.

HS merupakan pemilik tambang dan ditahan oleh Penyidik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, atas tuduhan menambang tanpa ijin di kawasan hutan terlarang.

"Klien kami (HS) saat ini telah berstatus sebagai tersangka dan telah dilakukan penahanan di Polda Metro Jaya, ruang tahanan milik Bareskrim Mabes Polri," katanya.

Terhadap penahanan tersebut, Budiono selaku penasehat hukum telah melakukan  upaya hukum sebagaimana hak-hak yang dimiliki oleh seorang tersangka.

"Antara lain telah mengupayakan permohonan pengalihan status penahan terhadap tersangka (HS) kepada Direktorat Penegakan Hukum Pidana Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, " katanya.

Halaman
123
Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer