Kanal

Dipastikan 47 Peserta Ujian SMMPTN-Barat Tidak Lulus Masuk UBB

Suasana Ujian Jalur SMMPTN-Barat di UBB - Ist

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Sekitar 1.019 peserta jalur mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) menjalani ujian di Kampus Terpadu UBB, melalui Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang pelaksanaannya serentak dilaksanakan oleh 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah Barat.

Sebanyak 47 peserta SMMPTN-Barat 2018 jalur mandiri UBB dipastikan tidak lulus tes, pasalnya para peserta tidak hadir saat pelaksanaan ujian yang berlangsung terpusat di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Selasa (17/7/2018).

Ujian jalur mandiri UBB baik dari bidang Saintek, Soshum maupun Campuran tersebar di 53 ruangan dari 10 gedung perkuliahan yang dipergunakan.

Tercatat peserta SMMPTN-Barat  yang tidak hadir saat ujian jalur mandiri UBB untuk kelompok Saintek sebanyak 18 orang dari 206 peserta, kelompok Soshum 28 orang dari 648 peserta, serta kelompok Campuran hanya 1 orang dari 65 peserta.

“Total peserta SMMPTN yang tidak hadir pada saat ujian jalur mandiri UBB sebanyak 47 peserta, terdiri dari kelompok saintek 18 orang, soshum 28 orang dan campuran hanya 1 orang,” kata Kuncoro selaku Koordinator Seketariatan PMB UBB.

Para peserta ini saling berlomba untuk mengisi sisa kuota murni sebanyak 161 kursi mahasiswa baru di UBB. Dengan ketidak hadiran peserta saat ujian berlangsung, setidaknya ada sedikit berkurang bagi para peserta SMMPTN untuk bersaing, serta masih berpeluang besar untuk diterima sebagai mahasiswa UBB harapannya.

Data yang diterima dari Sekretariatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UBB, pendaftar pilihan utama ke UBB total sebanyak 1.035 pendaftar, namun yang sudah permanen atau cetak kartu ujian sebanyak 1.019 siswa, serta 16 peserta belum permanen/cetak kartu dan dinyatakan gugur karena tidak melakukan konfirmasi data saat penutupan pendaftaran berakhir.

Pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat di Kampus Terpadu UBB dimulai pada pukul 07.30 hingga 11.45 WIB untuk peserta Saintek, sedangkan peserta Soshum pukul 09.30 hingga 14.30 WIB, namun untuk peserta Campuran dilaksanakan dari pukul 07.30 WIB hingga 14.30 WIB.

Pengumuman hasil ujian akan diumumkan serentak pada hari Jum’at tanggal 27 Juli 2018 mendatang, dan dapat diakses melalui website www.smmptnbarat.id atau www.ubb.ac.id pukul 14.00 WIB. 

"Pengumuman kelulusannya akan diumumkan Jumat minggu depan, dan bisa di cek secara online di website yang tersedia," jelas Agus Susanto selaku ketua humas UBB. (*)

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Siaran Pers / Press Release

Hasil Final Polling Mata Najwa di 3 Sosmed, Prabowo-Sandi Unggul dari Jokowi-Ma'ruf Amin

Berita Populer