Kanal

Akademisi Tanggapi Kasus Residivis Narkoba Kembali Ditangkap

Dosen Hukum Universitas Bangka belitung, Toni - Ist

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dosen Hukum Universitas Bangka belitung, Toni mengatakan, angka kejahatan penyalahgunaan narkoba terus bertambah. Bagi pelaku Bisnis narkoba cukup menjanjikan dengan keuntungan yang besar.

Adapun faktor yang mempengaruhi adalah faktor internal pelaku sendiri, dengan tujuan keuntungan besar yang tidak lagi memperdulikan konsekuensi pidana atau hukuman yang diterima.

Faktor ekternal adalah penegak hukum, mengingat kasus yang terjadi sangat tinggi mesti harus diiringi dengan penambahan anggaran penindakan khususnya dalam upaya mencari alat bukti dan barang bukti dalam upaya penindakan.

Langkah yang dilaksanakan dalam upaya penegakannya adalah selalu melakukan sosialisasi, pembinaan mental dan fisik terhadap pelaku dan calon pelaku.

Terhadap pelaku dalam peristiwa ini yang berkaitan dengan ancaman pidananya maka ada dasar pemberat pidana terhadap pelaku karena status pelaku disini adalah residivist (pelaku pengulangan kejahatan) diancam pidana pokok ditambah 1/3 dari pidana pokok.

Upaya lain yang harus terus dilakukan adalah pembinaan Agama malalui keyakinan masing-masing, pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara hakikat cinta tanah air, kesadaran hukum beratnya ancaman pidana dan integritas moral dalam membedakan hal yang baik dan hal yang buruk. (*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer