Kanal

LHKPN Tak Ada, Para Caleg Terpilih Bisa Gagal Jadi Anggota Dewan

Para pengurus partai politik memerima hasil verifikasi pendaftaran calon leguslatif untuk DPRD Kabupaten Bangka, Sabtu (21/7/2018) di Ruang Serbaguna KPU Kabupaten Bangka. - Bangkapos/Nurhayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menyerahkan hasil verifikasi syarat calon Anggota DPRD Kabupaten Bangka pada Pemilu 2019, Sabtu (21/7/2018) di Ruang Serbaguna KPU Kabupaten Bangka.

Pada akhir waktu penyerahan pendaftaran calon legislatif tersebut, Selasa (17/7/2018) hingga jam 24.00 WIB ada 15 dari 16 parpol yang mendaftar.

Hanya satu parpol yakni Partai Solidaritas Indonesia  (PSI) yang tidak menyerahkan berkas pencalonan caleg mereka.

Sedangkan 15 parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran calegnya yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB dan PKPI.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Bangka Zulkarnain berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum apabila tidak memenuhi persyaratan KPU bisa mencoret calon legislatif (caleg) yang tidak memenuhi persyaratan.

Namun pihak KPU juga masih menunggu keputusan KPU pusat apakah parpol bisa mengantikan caleg yang tidak memenuhi persyaratan pencalonan legislatif tersebut.

Selain itu juga dalam PKPU tersebut jika untuk bacaleg yang meninggal dunia parpol bisa mengantikan dengan caleg lain.

Sedangkan untuk caleg yang mengundurkan diri jika laki-laki tidak bisa diganti namun berbeda dengan caleg perempuan jika ada yang mengundurkan diri jika berpengaruh pada persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan bisa digantikan dengan caleg perempuan lain.

"Saya belum bisa memastikan karena ada wacana boleh dilakukan pergantian tetapi kami belum mendapatkan aturan itu. Jadi kami tetap berpedoman kepada aturan yang sudah ada. Apabila tidak sesuai fakta integritas parpol mencalonkan calegnya itu misalnya narapidana bandar narkoba, terlibat kejahatan seks pada anak dan mantan narapidana koruptor bisa kita kembalikan berkas itu dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) bisa diganti untuk itu," jelas Zulkarnain.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer