Kanal

TCOF Upaya Membangun Wajah Baru di Sektor Kepariwisataan

Event Toboali City On Fire Season III - Ist

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Setelah sukses di season I dan II, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, kembali menggelar event Toboali City On Fire Season III. Rencannya event berlangsung tiga hari mulai 27-29 Juli 2018 mendatang.

Rencannya pagelaran TCOF Season III ini berlangsung di pusat Kota Toboali tepatnya pantai Laut Nek Aji, kecamatan dan desa-desa yang ada di Bumi Junjung Besaoh.

Ada beberapa hal yang berbeda pada event TCOF tahun ini. Dimana pemerintah menggangkat warisan budaya tak benda Tradisi Telok Serujo menjadi salah satu bagian dari carnival tahun ini, dalam fotografi juga mengundang pada Mestro fotografi yaitu Don Hasman, Risman Marah juga Teguh Santosa. Festival Band akan mendapuk Anji sebagai Bintang Tamu dalam Festival Band.

Selain itu dalam Toboali Fashion Carnaval bergabung pula Mister Indonesia Bangka Belitung. Kemudian untuk pameran aka nada stands Internasional yang di gagas oleh para peserta AIESEC dari & Negara yaitu Indonesia, India, Spanyol, Mesir, Maroko, Belanda yang akan menampilkan budaya mereka masing-masing selam aTCOF 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bangka Selatan Haris Setiawan mengatakan,event ini, merupakan salah satu upaya membangun kembali dan memberikan wajah baru bagi sektor Kepariwisataan di Kabupaten Bangka Selatan, yang selama ini tenggelam dalam citra negatif hiruk pikuk aktivitas penambangan yang merusak lingkungan.

" Ini upaya pemerintah dalam melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan Pariwisata, Seni dan Budaya yang ada di Basel. Selain itu wadah bagi bagi para seniman, kelompok komunitas, pemuda pemudi serta masyarakat untuk menampilkan kreativitas dan potensi-potensi yang ada," ujar Haris mewakili Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer, Senin (23/7/2018)

Menurut Haris, Indonesia tak hanya dikenal adat istiadatnya khas dan unik nya saja, namun juga panorama alamnya yang indah dan mempesona.

Begitu juga dengan Bangka Selatan, yang adat istiadatnya tak kalah unik dibungkus pesona alamnya yang indah sebagai salah satu modal pengembangan pariwisata daerah.

" Oleh karena itu pada Event Pariwisata “Toboali City On Fire Season III“ ini, bertemakan “Back To Nature” dimana upaya kembali kepada Alam, yang menjadi ajakan untuk semua terutama masyarakat Kabupaten Bangka Selatan dalam menjaga, melestarikan warisan budaya dan pariwisata yang ada," tambahnya.

Melalui tema ini diharapkan mampu mengobarkan semangat untuk menjaga alam, memelihara kearifan lokal, melestarikan budaya sehingga tercipta keseimbangan hidup antara manusia dengan alamnya.

Keharmonisan dengan alam menciptakan atmosfir kenyamanan dan keamanan yang dibutuhkan dalam kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Bangka Selatan khususnya.

" Sebagai langkah menumbuhkembangkan kreativitas, semangat berkesenian dan budaya, semangat jelajah dan olahraga, Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga bersinergi menyelenggarakan Event “Toboali City On Fire Season III” yang diharapkan dapat memberikan Peluang kepada masyarakat, pelaku seni dan industri kretaif mengembangkan serta memperkenalkan hasil karyanya yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Bangka Selatan," harapnya.

Ditambahkan Haris, terdapat 19 rangkaian acara dalam Event wisata “Toboali City On Fire Season tersebut. Diantaranya Bikepacker Tour De Habang, Toboali Fashion Carnival, Toboali Photo Competition, Festival Tari Kreasi Daerah, Lomba Lukis Tudung Saji, Toboali Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-layang, Festival Kuliner, Festival Telok Serujo, Ritual Adat Buang Jung, Nganggung 1000 Dulang, Touring Komunitas Motor, Pameran UMKM dan Komunitas, Lomba Mancing, zumba party, lomba masak ikan, Festival 20 ribu Otak-otak ikan dan lomba Lukis Telur Serujo.

" Pada TCOF season III ini ada 19 rangkaian event. Mulai dari Bikepacker Tour De Habang, Toboali Fashion Carnival hingga lomba lukis telur Serujo," pungkasnya.(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer